Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
IAIN Purwokerto Goes To KPKNL Purwokerto
Sri Supangati
Jum'at, 02 November 2018   |   307 kali

Purwokerto KPKNL Purwokerto menerima kunjungan mahasiswa IAIN Purwokerto pada hari Rabu, (31/10/2018) pukul 16.00 di Ruang Rapat Lantai 2 KPKNL Purwokerto. Kunjungan tersebut diadakan dalam rangka outing class mata kuliah Appraisal pada Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Acara dihadiri oleh 23 mahasiswa dengan pengampu Dani Kusumastuti, dosen mata kuliah Appraisal. 



Kepala KPKNL Purwokerto, Purwono menyambut baik kegiatan ini. Pada saat sambutan, Purwono berharap semoga materi yang akan didiskusikan menambah wawasan mahasiswa dan menjadi bekal yang berguna di masa yang akan datang. 

Sesi pertama diawali dengan memperkenalkan tugas dan fungsi DJKN sebagai bagian dari Kementerian Keuangan yang turut berkontribusi menghimpun Penerimaan Negara Bukan Pajak. Dipandu oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Eny Susanti, peserta terlihat antusias mengikuti materi yang disampaikan melalui video yang dibuat beberapa hari sebelumnya dalam rangka peringatan HUT DJKN ke-12. Melalui video tersebut, mahasiswa dapat memperoleh gambaran mengenai manfaat keberadaan KPKNL Purwokerto bagi masyarakat sebagai unit operasional DJKN. Dalam video tersebut juga ditampilkan testimoni dari beberapa stakeholder atas pelayanan yang selama ini diberikan oleh KPKNL Purwokerto dalam hal lelang, pengelolaan Barang Milik Negara, penilaian Barang Milik Negara, dan kerjasama dalam melakukan penagihan Piutang Negara.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi inti yaitu pemaparan mengenai proses dan tahapan penilaian oleh Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Diah Sulastini Rochimah. Diah menjelaskan mengenai kegiatan penilaian yang selama ini dilakukan oleh Penilai DJKN yang berada di KPKNL Purwokerto. Materi yang disampaikan meliputi teori dan praktik dari buku dan peraturan yang relevan. Antusiasme terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya mengenai materi yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab.

Pada penghujung acara, staf Seksi Pelayanan Penilaian yaitu Elisa Nurwijayanti dan Ratna Astuti mengevaluasi materi yang telah disampaikan dengan kuis.  Terbukti peserta menerima dengan baik semua materi yang disampikan karena bisa menjawab semua pertanyaan dalam kuis tersebut. Peserta berharap suatu saat dapat diadakan kembali acara serupa sehingga pengetahuan yang mereka peroleh selama belajar di kampus dapat lebih aplikatif. Dengan demikian mahasiswa mendapatkan gambaran yang lebih mendalam mengenai praktik di lapangan langsung dari para appraisser. (Seksi PP dan HI KPKNL Purwokerto)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini