Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Palangkaraya > Berita
Workshop Pengelolaan Barang Milik Negara di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah
Nenny Susanty
Selasa, 07 Maret 2023   |   106 kali

Jumat (3/3) Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Pratama, Sukaesih, dan Staf Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Palangka Raya, Tukidi dan Syamsul Arifin telah melaksanakan tugas sebagai Narasumber acara Workshop Pengelolaan Barang Milik Negara di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, yang diselenggarakan di Aula Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan.

 

Workshop ini diikuti sebanyak 75 peserta yang terdiri  dari duta Barang Milik Negara dan pengelola Barang Milik Negara pada satuan kerja yang berada di wilayah kerja KPKNL Palangkaraya, diantaranya Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Katingan, Kapuas, Pulang Pisau, Gunung Mas, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, Perguruan  Tinggi Agama dan Keagamaan Provinsi Kalimantan Tengah serta Tim dari Fungsi Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan workshop diawali dengan acara pembukaan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Selatan, H. Arbaja  yang terlihat sangat antusias sekali dengan adanya kegiatan ini. Beliau mengatakan bahwa salah satu unsur penting dalam suatu laporan keuangan adalah penatausahaan Barang Milik Negara yang baik dan benar, sebagai langkah mewujudkan pengelolaan Barang Milik Negara yang tertib hukum, tertib administrasi dan tertib fisik, sehingga harus dilakukan pemantauan, monitoring dan evaluasi serta konsinyering pengelolaan Barang Milik Negara kepada setiap satuan kerja yang ada dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah.

Selanjutnya penyampaian materi oleh Sukaesih dengan materi tentang Lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Negara yang berkaitan dengan pengertian lelang, serta aturan tentang Pelaksanaan Lelang sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 213/PMK.06/2020. Sedangkan Tukidi menyampaikan materi tentang Pemindahtanganan Barang Milik Negara, Pemusnahan Barang Milik Negara, Penggunaan Barang Milik Negara dan Pemanfaatan Barang Milik Negara. Terakhir penyampaian materi oleh Syamsul Arifin tentang tatacara Penggunaan Plugin Inventarisasi dan Siman Mobile.

 

Sementara itu, ketua panitia Workshop Pengelolaan Barang Milik Negara, Umi Mujahidah dalam sambutannya berharap dengan adanya materi yang disampaikan oleh para narasumber dari KPKNL Palangka Raya, akan membantu mereka dalam upaya penatausahaan dan pengelolaan Barang Milik Negara, serta dapat mendongkrak nilai Indeks pengelolaan aset di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah khususnya, dimana Indikator Kinerja Pengelolaan Aset untuk Perhitungan Kementerian Agama Republik Indonesia adalah sebesar 1,93 persen, sedangkan rata-rata nasional adalah sebesar 2,87 persen.  Saat ini Kementerian Agama Republik Indonesia berada di posisi terbawah, oleh karena itu beliau mengajak satuan kerja untuk meningkatkan indeks pengelolaan Barang Milik Negara, karena Pengelolaan Barang Milik Negara yang baik dan benar merupakan tolak ukur kualitas dalam penyajian laporan keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. G. Obos Km. 1 No. 19 Palangka Raya - 73111
(0536) 3220047, 3220048
(0536) 3220045
kpknlpalangkaraya@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini