Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Desa Upon Batu Resmi Jadi Desa Wisata
Nenny Susanty
Selasa, 02 Januari 2024   |   201 kali

Desa Upon Batu resmi dicanangkan sebagai desa wisata oleh Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong pada tanggal 30 Desember 2023 yang lalu. Desa Upon Batu terletak di Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas. Untuk bisa sampai ke tempat ini ditempuh kurang lebih sekitar 37,7 kilometer dari ibu kota kabupaten, Kuala Kurun dengan menggunakan jalan darat.

Untuk sampai ke Desa Upon Batu, pengunjung harus menyeberang melalui jembatan gantung  dengan berjalan kaki atau mengendarai motor roda dua, sedangkan untuk kendaraan roda empat saat ini belum bisa. Jembatan gantung ini menjadi kebanggaan masyarakat sekitar, karena dengan adanya jembatan ini membuat pengunjung jadi lebih ramai datang, jika dibandingkan dulu sebelum ada jembatan gantung.

Di Desa Upon Batu ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi diantaranya Batu Suli yang berbentuk bongkahan batu raksasa. dan terletak tepat di tepi sungai Kahayan yang ada riamnya. Tempat ini indah sekali dan sejuk, karena masih di tumbuhi hutan belantara disekitarnya. Bentuk Batu Suli ini unik,seperti buah Suli dan tinggi menjulang.Karena bentuknya yang menyerupai buah Suli inilah, maka batu ini diberi nama Batu Suli.  Dibagian lain Desa Upon Batu ini, ada juga tempat wisata sejarah Puruk Amai Rawang, di sini pengunjung bisa melihat Batu Tingkes atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Antang yang konon ceritanya merupakan tempat Puruk Amai Ramang melakukan ritual Manajah Antang. Di Batu Antang ini terdapat celah kecil yang menurut kepercayaan masyarakat setempat,  jika siapa saja yang berhasil melalui celah tersebut, akan berumur panjang dan cita-citanya tercapai.

Dengan diresmikannya Desa Upon Batu sebagai desa wisata, pemerintah daerah berharap, kesejahteraan masyarakat sekitar jadi lebih meningkat dan keadaan desa semakin maju. Dalam sambutannya pada acara peresmian beberapa waktu Lalu, Jaya S. Monong juga berharap agar masyarakat khususnya yang berada di Desa Upon Batu, ikut menjaga dan merawat semua fasilitas yang ada dengan baik.

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini