Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Padang > Berita
Executive Meeting Forum Perekonomian dan Pembangunan Sumatera Barat
Mochamad Ramdani
Jum'at, 16 Februari 2024   |   53 kali

Jum'at Pagi (16 Feb 2024) di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharan Prov. Sumatera Barat dilaksanakan Executive Meeting Forum Perekonomian dan Pembangunan Sumatera Barat dengan tema Outlook Fiskal Tahun 2024 dan Upaya Bersama Meningkatkan Keberhasilan Pembangunan Di Sumatera Barat. Forum Perekonomian dan Pembangunan yang disingkat FEBA baru terbentuk dan perdana melaksanakan Executive Meeting dengan berbagai pihak startegis di wilayah Sumbar.

Anggota FEBA Sumbar terdiri dari:
1. Kementerian Keuangan Satu Sumbar, dengan instansi vertikal yakni Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Pajak, Ditjen Bea dan Cukai serta Ditjen Kekayaan Negara;
2. Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat;
3. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 
Provinsi Sumatera Barat;
4. 
Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sumatera Barat;
5. Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Barat;
6. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat;
7. Perum Bulog Kanwil Sumatera Barat;
serta mitra strategis yakni Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Adapun tujuan dilaksanakannya Kegiatan Executive Meeting Forum Perekonomian dan Pembangunan Sumatera Barat (FEBA SUMBAR) adalah Untuk Membangun Kesepahaman Bersama, Merumuskan Kebijakan Terarah, Mendorong Inovasi dan Kolaborasi, Pengembangan Kapasitas serta Advokasi Kebijakan serta Terjalin kerja sama yang lebih baik antara FEBA Sumbar dan Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk mencapai pembangunan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan, dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Sumatera Barat.

Acara dimulai dengan paparan dari Koordinator FEBA Sumbar sekaligus Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Syukriah HG yang memaparkan tentang Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Untuk Peningkatan Kemandirian Fiskal. Lalu dilanjutkan respon dari Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah terkait kondisi terkini yang menjadi hambatan/kendala dalam optimalisasi PAD. Sesi berikutnya diskusi antara anggota FEBA Sumbar dengan jajaran Pemprov Sumbar yang terdiri dari Asisten Ahli II beserta Kepala OPD lainnya.

Kedua belah pihak yakni Anggota FEBA Sumbar dengan Pemprov Sumbar sepakat untuk dijadwalkan secara rutin agenda Executive Meeting sehingga diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan dalam program pembangunan di Sumatera Barat. (mochram)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Perintis Kemerdekaan No. 79, Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat, Kode Pos 25129
(0751) 28299
(0751) 21306
kpknlpadang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini