Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Bimtek SIMAN V2 di Lingkungan Kementerian Keuangan Lingkup Wilayah Kerja KPKNL Metro
Muhamad Rizkiana Gumilang
Kamis, 14 Desember 2023   |   102 kali

Rabu, (14/12), KPKNL Metro menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Implementasi Pengelolaan Barang Milik Negara melalui Aplikasi Siman v2. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut atas Peraturan Menteri Keuangan nomor 118 Tahun 2023 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Negara dengan Menggunakan Sistem informasi Manajemen Aset Negara.

KPKNL Metro mengundang satuan kerja dilingkungan Kementerian Keuangan lingkup wilayah kerja KPKNL Metro, yaitu Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Metro, KPP Pratama Kotabumi, Kantor Pelayananan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tipe A1 Metro, KPPN Tipe A1 Kotabumi, dan KPKNL Metro. Dalam tahap awal implementasi aplikasi SIMAN v2, satuan kerja dilingkungan Kementerian Keuangan ditunjuk sebagai locus pilot project pengelolaan BMN secara elektronik berbasis internet. 

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Metro Ramson Damanik berharap dengan adanya acara ini dapat memberikan gambaran penggunaan fitur yang ada pada aplikasi SIMAN. Diharapkan peserta sosialisasi dapat memberikan  feedback terkait kendala dan permasalahan pada fitur Aplikasi Siman  v2 selama penggunaannya untuk dijadikan bahan masukan perbaikan kepada kantor pusat DJKN, sebab beberapa vitur aplikasi SIMAN v2 masih dalam tahap pengembangan oleh Tim Pengembangan Aplikasi di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara.

Berikutnya, BIMTEK dilanjutkan penyampaian materi terkait Probis SIMAN v2 oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Mohamad Riyanto. belaiu menjelaskan pengembangan SIMAN merupakan salah satu Reformasi Birokrasi dan Tranformasi Kelembagaan (RBTK) Kementerian Keuangan.   Urgensi penggunaan aplikasi SIMAN v2agar pengelolaan BMN dapat dioptimalkan dalam simplifikasi proses bisnis, integrasi dan/atau interkoneksi, serta penambahan dan penyempurnaan fitur dalam siklus pengelolaan BMN. Selanjutnya, Pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Bima Agung Nugraha menjelaskan dan mengajak seluruh peserta untuk mencoba menggunakan fitur Master Aset, dan Pengelolaan pada Aplikasi SIMAN v2. Dalam pelaksanaanya sejauh ini KPP Kotabumi telah mengajukan permohonan sewa BMN melalui aplikasi SIMAN v2.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini