Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Melihat Lebih Dekat Aset Tidur Menjadi Aset Produktif, Dewan Juri KOIN MAS DJKN 22/23 Kunjungi Desa Sumbergede
Muhamad Rizkiana Gumilang
Senin, 11 September 2023   |   31 kali

Pelaksanaan Kompetisi dan Inovasi Manajer Aset (KOIN MAS) DJKN telah sampai pada tahap penilaian oleh Dewan Juri. Proyek pembangunan Bank Sampah di Desa Sumbergede yang diinisiasi oleh Tim KOIN MAS Lamkulu - Metro berhasil melewati babak penyisihan hingga tersisa dua besar peserta kategori optimalisasi aset pada Pengelola Barang. Mengusung tema "From Useless to Useful", tim KOIN MAS Lakulu - Metro berupaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan aset ”tidur”  untuk memberikan kebermanfaatan ekonomi sosial bagi masyarakat sekitar.


Pada tanggal 6 s.d. 8 September 2023, Dewan Juri berkunjung ke KPKNL Metro untuk melakukan penilaian lanjutan terhadap laporan akhir Tim KOIN MAS Lamkulu - Metro. Penilaian tersebut bertujuan untuk menggali informasi dan data yang lebih komprehensif atas keberlangsungan proyek optimalisasi aset yang dikompetisikan berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan.
Dalam penilaian ini Dewan Juri berdialog langsung dengan peserta untuk menguji laporan akhir yang telah disampaikan sebelumnya.

Setelah menyelesaikan sesi pengujian atas laporan akhir Tim KOIN MAS Lamkulu - Metro di KPKNL Metro selesai, Dewan Juri KOIN MAS DJKN 22/23 bertolak menuju objek optimalisasi aset idle, yaitu Bank Sampah Alam Lestari Sumbergede. Di lokasi bank sampah, Dewan Juri melihat langsung aktifitas operasional dari Bank Sampah Alam Lestari Sumbergede, Dewan Juri melakukan wawancara kepada pemerintah desa selaku mitra pemanfaatan, BUMDes Sumbergede selaku pengelola bank sampah, dan masyarakat Desa Sumbergede sebagai penerima manfaat.

Selain melihat aktifitas operasional bank sampah, Dewan Juri juga berkunjung ke tempat budidaya maggot BSF sebagai media pemanfaatan sampah organik rumah tangga warga desa. Dengan kunjungan lapangan ini, Dewan Juri dapat melihat kondisi aktual aset, keberlangsungan aktifitas, rencana pengembangan, dan kebermanfaatan bank sampah bagi masyarakat dan lingkungan.

Hasil penilaian dari rangkaian kunjungan lapangan Dewan Juri akan menjadi dasar terpilih peserta Grand Final KOIN MAS DJKN 2022/2023. Apapun hasil akhir yang akan diraih, KPKNL Metro akan senantiasa menjalankan tugas sebagai manager aset negara untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Semangat untuk Tim KOIN MAS Lamkulu - Metro semoga sukses dan mendapatkan hasil yang terbaik atas curahan tenaga dan pikiran dalam mewujudkan optimalisasi aset idle yang bermanfaat bagi masyarakat.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini