Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Optimalkan Aset "Tidur", Tim KOIN MAS Lamkulu-Metro Menginisiasi Pembangunan Bank Sampah
Muhamad Rizkiana Gumilang
Selasa, 22 Agustus 2023   |   32 kali

Jumat, 11 Agustus 2023, Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu beserta jajaran melakukan perjalanan dinas menuju Desa Sumbergede, Kab. Lampung Timur untuk melaksanakan Perjanjian Pinjam Pakai Aset Properti Eks PT BPPN antara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dengan Pemerintah Desa Sumbergede. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Sumbergede dan disaksikan pula oleh beberapa saksi serta tamu undangan. Penandatanganan perjanjian dilaksanakan oleh Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Dudung Rudi Hendratna dengan Kepala Desa Sumbergede, Suradal, S. P.  Dalam pelaksanaan penandatanganan perjanjian ini, Kepala KPKNL Metro, Ramson Damanik turut menandatangani surat perjanjian tersebut sebagai saksi. 

Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menyampaikan bahwa pinjam pakai ini merupakan penerapan tertib administrasi pengelolaan Barang Milik Negara Eks Badan Penyehatan  Perbankan Nasional (BPPN). Meski persetujuan pinjam pakai BMN baru pertama kali diberikan kepada pemerintah desa, Beliau berharap pinjam pakai ini dapat berjalan dengan sukses sebagaimana rencana pemanfaatannya sehingga akan memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi perkembangan Desa Sumbergede.

Kepala Desa Sumbergede menyambut baik adanya pinjam pakai aset ini. Beliau berkisah bahwa pengelolaan sampah menjadi salah satu masalah yang menjadi fokus pemerintah Desa Sumbergede. Tersedianya area pengelolaan sampah yang memadai, diharapkan dapat menjadikan pengelolaan sampah di Desa Sumbergede berjalan dengan baik dan mengangkat nama Desa Sumbergede sebagai desa percontohan dalam pengelolaan sampah secara mandiri.

Objek pinjam pakai merupakan bidang tanah seluas 2.365m2 dan bangunan seluas 600m2 dengan jangka waktu pinjam pakai selama 2 tahun. Rencana penggunaan aset tersebut akan dimanfaatkan sebagai bank sampah sebagai tempat pengolahan sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat bahkan bernilai ekonomis. Sedangkan sampah yang tidak dapat diolah akan dimusnahkan dengan cara yang ramah lingkungan.

Pengelolaan Bank Sampah nantinya akan dilaksanakan oleh BUMDes Sumbergede. Adapun dalam pembiayaan renovasi gedung, Tim KOIN MAS Lamkulu-Metro telah mengajukan proposal kerja sama pendanaan sosial dan lingkungan untuk masyarakat kepada PT Sarana Multigriya  Financial (persero). PT SMF (persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah pembinaan dan pengawasan Menteri Keuangan. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini