Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Family Day KPKNL Metro
Muhamad Rizkiana Gumilang
Minggu, 16 Juli 2023   |   52 kali

Family Day menjadi salah satu kegiatan yang popular diselenggarakan oleh suatu organisasi, baik perusahaan yang bergerak di bidang publik maupun bidang privat. Acara ini melibatkan anggota keluarga inti karyawan dalam berbagai aktivitas seru yang diadakan di lingkungan kantor atau sengaja diselenggarakan di suatu tempat tertentu untuk menambah keseruan acara.

Selain sebagai kegiatan refreshing, acara ini juga bertujuan untuk menambah keakraban dan kekompakan di antara karyawan pada sebuah perusahaan. Menurut alchemy.co.id, berikut beberapa manfaat Family Day:

·  Anak-anak bisa berkenalan dengan teman-teman baru, belajar bersosialisasi, belajar berani berkompetisi dalam lomba, atau belajar untuk berani tampil apabila ada aktivitas yang memang sesuai.

·    Bagi karyawan perusahaan itu sendiri biasanya dalam Family Day sering diadakan berbagai lomba tim dimana tim tadi mewakili divisi tertentu.

·    Dengan ikut serta dalam kegiatan seperti ini, karyawan akan belajar bekerjasama dengan anggota timnya, yaitu kolega kerjanya, melalui aktivitas yang seru dan menyenangkan.

·  Bagi karyawan dan keluarganya pun ada manfaat yang bisa didapat. Mereka bisa berkumpul dan beraktivitas bersama-sama sekaligus lebih mengenal lingkungan kerja si Ayah atau si Ibu.

Berdasarkan surat dari Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Sekretariat Jenderal dan Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara perihal himbauan pelaksanaan Family Day di masing-masing satuan kerja di Kementerian Keuangan, acara Family Day diselnggarakan bertepatan dengan waktu libur sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan keluarga sebagai benteng moral bagi pegawai Kementerian Keuangan dengan cara mengenalkan organisasi/unit, tugas dan peran orang tua/pasangan selaku pegawai Kementerian Keuangan, serta nilai-nilai integritas kepada keluarga pegawai. Kegiatan tersebut juga dapat menjadi bagian dari program “Knowing Your Employee” sebagai langkah mitigasi terjadinya risiko pelanggaran yang mungkin terjadi di tengah-tengah menjalankan tugas keseharian pegawai.

Pada tanggal 14 Juli 2023, KPKNL Metro menyelenggarakan Family Day yang mengangkat tema “Memulai Integritas Dari Keluarga”. Acara tersebut dihadiri oleh 58 orang yang terdiri dari ASN dan PPNPN KPKNL Metro beserta keluarga, baik itu pasangan maupun anak ASN dan PPNPN. Acara Family Day di KPKNL Metro diadakan pada hari Jumat bertepatan dengan kegiatan “Jumat Krida” yaitu olahraga pagi bersama yang memang telah diselenggarakan secara rutin oleh KPKNL Metro.

Acara Family Day dimulai tepat pukul 07.30 WIB bertempat di basement KPKNL Metro. Kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu senam pagi bersama lalu dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh salah satu pegawai KPKNL Metro untuk memohon keselamatan dan kelancaran acara.

Selepas senam pagi,acara dilanjutkan dengan kegiatan Office Tour. Kak Eka selaku pemandu Office Tour memberikan penjelasan terkait dengan tugas dan fungsi KPKNL pada setiap lantai kantor dan berkenalan dengan pegawai yang berada pada ruangan tersebut. Keluarga ASN dan PPNPN tampak antusias mengikuti Office Tour KPKNL Metro terutama saat memasuki ruangan Kepala KPKNL Metro, beberapa anak tampak berinteraksi dengan Kepala KPKNL Metro dan menyampaikan cita-citanya yang ingin menjadi sang ayah menjadi pegawai Kementerian Keuangan. Dari percakapan itu terlihat kebanggan seorang anak kepada ayahnya yang mempersembahkan sebuah pengabdian kepada Negara meski seringkali harus berpindah kota.

Setelah puas berkeliling ke seluruh ruangan kantor, acara Kembali dilanjutkan di aula KPKNL Metro lantai 4. Ruangan ini biasanya berfungsi sebagai ruang rapat yang kemudian “disulap” menjadi ruang ramah anak dan dihiasi oleh spanduk Family Day, fasilitas presentasi, dan berbagai dekorasi seperti balon dan tirai warna-warni.

Setelah menikmati sarapan bersama, Bapak Ramson Damanik selaku Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Metro menyambut keluarga ASN dan PPNPN KPKNL Metro. Beliau mengadakan ramah tamah dengan memperkenalkan pegawai KPKNL Metro, struktur organisasi, tugas dan fungsi Kementerian Keuangan serta wilayah kerja Kementerian Keuangan yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Di akhir materi, Bapak Ramson berpesan agar keluarga sebagai support system utama pegawai Kementerian Keuangan dapat menjadi pondasi integritas dan mampu saling mengingatkan agar dalam menjalankan tugas sebagai ASN Kementerian Keuangan tidak melakukan hal-hal yang tercela termasuk diantaranya korupsi dan bergaya hidup mewah.

Sebelum acara berakhir, Panitia acara telah menyiapkan fungames dan pemutaran video “Benteng Moral” sebagai pengayaan terhadap materi integritas. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para pegawai ASN dan PPNPN beserta keluarganya semakin menyadari bahwa pengabdian bukan semata untuk mengejar materi, melainkan dapat memberikan kontribusi kepada negara dengan tetap menjunjung tinggi integritas individu dan keluarga. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini