KPKNL Metro berkolaborasi dengan Chandra Supertore
Kota Metro melaksanakan Pameran Mengenal Layanan dan Program Unggulan KPKNL
Metro Lebih dekat, pada hari Senin (28/5) dengan membuka Stand di Chandra
Superstore. Desiana Wahyuningsih, Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Metro,
berlaku sebagai koordinator pelaksana Pameran dengan di dampingi Muhamad
Rizkiana Gumilang dan A. Ramdhani menggawangi pelaksanaan pameran tersebut. Kegiatan
ini merupakan salah satu strategi edukasi dan komunikasi KPKNL Metro kepada
masyarakat luas mengenai tugas dan
fungsi KPKNL Metro serta Program Unggulan yang ada yaitu Program Keringan
Utang.
Kegiatan dilaksanakan dengan membagikan brosur
tentang layanan KPKNL Metro kepada para pengunjung Chandra Superstore Metro disertai
dengan penjelasan singkat tentang KPKNL Metro dan memberkan layanan konsultasi
bagi para pengunjung yang ingin mengetahui tentang layanan dan program unggulan
KPKNL Metro. Para Petugas Pameran juga mengkampanyekan terkait waspada penipuan
lelang, mengingat maraknya perkembangan informasi dan teknologi telah
disalahgunakan oleh oknum tertentu untuk menyebarkan informasi hoak tentang
pelaksanaan lelang yang merugikan masyarakat
Program Keringanan Utang menjadi topik yang
menarik bagi para pengunjung Chandra Superstore untuk mengetahui lebih lanjut
tentang program tersebut. Program Keringanan Utang merupakan program percepatan
penyelesaian piutang negara yang dilakukan secara terpadu dalam bentuk
pemberian potongan utang. Program ini ditujukan kepada Penanggung Utang
(Debitur) Kecil yaitu Badan dan atau
orang yang berutang menurut peraturan, perjanjian atau sebab apapun sesuai
dengan PMK 13 tahun 2023 yang piutangnya sudah diserahkan ke PUPN paling lambat
tanggal 31 Desember 2021. Program Keringanan Utang dilaksanakan dalam rangka Memberikan
insentif utang untuk mendukung pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi
pasca pandemi dan meningkatkan tata Kelola piutang negara sekaligus mempercepat penyelesain piutang
negara pada instansi pusat dan daerah. Adapun Pihak yang dapat mengikuti
program Keringanan Utang (Crash Program) tahun 2023 terdiri dari Para
Penanggung Utang (Debitur) Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dengan sisa
kewajiban s.d 2 milyar.
Dalam
kesempatan ini KPKNL Metro juga melakukan kampanye antigratifikasi, dengan
menyampaikan bahwa setiap layanan yang diberikan oleh KPKNL Metro tidak
dikenakan biaya tambahan. Biaya layanan yang timbul sesuai ketentuan Penerimaan
Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku. Setiap layanan yang diberikan oleh
KPKNL Metro sesuai SOP yang ditetapkan dan tidak ada diskriminasi disetiap layanan
yang diberikan.
Para
Petugas pameran juga mengenalkan nomor layanan Whatsapp/WA KPKNL Metro yang
baru dengan nomor 0852 66052784, layanan diberikan pada hari kerja senin s.d
jumat di jam 08.00 – 16.00 WIBB. Nomor layanan WA ini menggantikan nomor layanan
yang telah ada sebelumnya. Pembaharuan nomor layanan dilakukan sebagai upaya
peningkatan kualitas layanan dan mempermudah para pengguna jasa untuk
berkomunikasi langsung dengan KPKNL Metro terkait layanan yang diberikan.
Melalui
agenda pameran dalam rangka publikasi dan edukasi kepada masyarakat yang
dilaksanakan di Chandra Superstore Metro ini diharapkan dapat menambah
pengetahuan masyarakat mengenai layanan KPKNL Metro sehingga dapat memanfaatkan
program dan fasilitas yang disediakan. Antusiasme para pengunjung Chandra
Supermarket untuk mengetahui lebih dalam terkait layanan KPKNL Metro yang
direspon dengan baik oleh para pegawai KPKNL Metro yang bertugas di pameran
tersebut menjadi bagian upaya yang tepat untuk mengenalkan layanan dan program
unggulan KPKNL Metro, agar lebih dikenal luas oleh masyarakat.