Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
IHT Service Excelent KPKNL Metro
Desiana Wahyuningsih
Jum'at, 12 Mei 2023   |   66 kali

KPKNL Metro berkolaborasi dengan BRI Kantor Cabang Metro dalam acara In House training Service Excellent. Kegiatan ini merupakan salah satu program keberlanjutan WBBM dalam peningkatan kualitas pelayanan KPKNL Metro, dengan menghadirkan Narasumber Ibu Kumaladewi dari BRI Kantor Cabang Metro. In House training (IHT) Service Excellent dilaksanakan pada hari Kamis (11/5) bertempat di aula KPKNL Metro dan  diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Metro.

 

Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro mengucapkan terima kasih atas kesediaan Ibu Kumaladewi dari BRI Kantor Cabang Metro untuk menjadi Narasumber In House training Service Excellent yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Metro. Service Excellent merupakan upaya memberikan layanan terbaik yang berorientasi pada kepentingan pelanggan untuk terciptanya kepuasan yang optimal. Melalui kegiatan IHT ini diharapkan menjadi bekal para Pegawai KPKNL Metro dalam memberikan pelayanan terbaik yang berorientasi kepada kepuasan Pengguna Layanan.


Service Excellent bukanlah pelayanan yang mewah melainkan bagaimana kita memberikan pelayanan yang sesuai standar pelayanan bahkan melebihi ekspetasi pengguna layanan, Ujar Kusumadewi mengawali paparannnya. Komunikasi yang baik dipengaruhi oleh verbal dan non verbal dimana di dalam nya ada body movement, pemilihan kata, tone suara, visual, vocal dan verbal. Kombinasi dari keterampilan, sikap, dan penampilan yang baik dapat membantu  perusahaan/unit organisasi meningkatkan standar layanan dan memberikan pengalaman pelanggan yang baik dan memuaskan. Dengan komunikasi yang baik para pengguna layanan akan merasa puas dan merekomendasikan layanan kepada orang terdekat atau sekitarnya.

Standar layanan yang baik tidak hanya berkaitan dengan penampilan dan kualitas layanan, tetapi juga sikap dan perhatian selama melayani. Tersenyum merupakan Teknik yang efektif untuk memberikan kesan bersahabat dan dapat membrikan kenyamanan pada lawan bicara. Memberikan pelayanan sambal tersenyum bukan hanya digunakan saat berinteraksi langsung tetapi juga digunakan pada saat menerima telpon, karena akan berpengaruh dalam intones, yang menimbulkan kesan bersahabat dan antusias . Senyum 2-2-7 dalam menyambut pengguna layanan menjadi salah satu tip dalam memberikan layanan. Senyum 2-2-7 artinya memberikan memberikan senyum kepada lawan bisara 2 cm ke kiri, 2 cm ke kanan dan ditahan selama 7 detik.

 

Komplain / keluhan  terjadi ketika layanan yang diberikan tidak sesuai harapan. Penanganan Keluhan merupakan cara/mekanisme dalam menangani keluhan pelanggan dengan baik. Ketika pelanggan mengalami masalah atau kekecewaan, unit organisasi harus dapat memberikan solusi yang cepat dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut sehingga pelanggan merasa dihargai dan puas. Teknik yang dilakukan untuk menangani keluhan antara lain: mendengarkan dengan seksama, berempati, memohon maaf untuk ketidaknyamanan, memberikan solusi dan mengucapkan terima kasih (kata yang simple tapi berdampak luar biasa). Tips menghadapi kompalin :

1.       Tanggapi secara professional kedinasan bukan secara personal

2.       Tidak mencari-cari ala an

3.       Tidak menyalahkan apapun atau siapapun

4.       Segera Respon, tindaklanjuti, lakukan kasi nyata

5.       Jika masalahnya relevan, mintalah masukan nasabah untuk perbaikan.

Dalam menghadapi keluhan pelanggan, penting untuk selalu menjaga sikap positif  dan ramah hindari sikap yang dapat memperburuk situasi dan buatlah upaya untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif. Dengan sikap yang baik, tim  layanan dapat membantu memperbaiki layanan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Kusumadewi dalam penyampaian materinya, juga menyelingi dengan mencontohkan Service Excellent menerima Pengguna Layanan di Area Pelayanan Terpadu (APT) dan melakukan Permainan Role Play,  yang diperankan beberapa pegawai dalam situasi memberikam pelayanan dengan beberapa karakteristik Pengguna Layanan. Role Play tersebut membuat suasana semakin semarak dan penyampaian materi menjadi lebih mudah dipahami. Untuk menggali lebih dalam pemahaman para peserta IHT, Kusumadewi juga membuka sesi Diskusi, yang tentunya kesempatan ini sangat di manfaatkan oleh para pegawai KPKNL Metro untuk menimba ilmu lebih dalam tentang bagaimana memberikan Service Excellent kepada para Pengguna Layanan.

 

Pekerjaan bukan sekedar kewajiban, Pekerjaan adalah satu bagian dari ibadah melakukaannya bukan hanya dengan kesungguhan  namun juga dengan ke ikhlasan. Menjadi quote penutup yang disampaikan Kusumadewi dalam acara  IHT Service Excelent KPKNL Metro.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini