Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Penggalian Potensi Lelang Produk UMKM
Muhamad Rizkiana Gumilang
Kamis, 09 Maret 2023   |   124 kali

Pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 mulai menunjukan perbaikan kearah yang positif. Kegiatan produksi dan konsumsi kembali bergerak sehingga perekonomian masyarakat berangsur-angsur membaik. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sempat terpuruk kini kembali bangkit dengan strategi bisnis yang baru.

Dalam upaya pemulihan ekonomi tersebut DJKN turut berpartisipasi memberikan dukungan bagi keberlangsungan bisnis pelaku UMKM melalui penyediaan fitur lelang produk UMKM pada portal lelang. Sejak tahun 2021 DJKN menginisiasi program Kedai Lelang UMKM yang dilaksanakan oleh seluruh kantor vertikal DJKN di seluruh Indonesia. Kedai lelang UMKM merupakan salah satu program program pemulihan ekonomi nasional untuk membantu penjualan produk UMKM dengan mekanisme lelang.

Kamis, 2 Maret 2023 Tim Kedai Lelang UMKM KPKNL Metro melaksanakan kegiatan kedianasan  penggalian potensi lelang produk UMKM di Kabupaten Lampung Timur. Kegiatan dimulai dengan mengunjungi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Timur, untuk mendapatkan rekomendasi UMKM unggulan yang merupakan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Timur. Selanjutnya, Tim Kedai Lelang KPKNL Metro bersama pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Timur mulai mengunjungi beberapa UMKM yang berada di wilayah tersebut. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mensosialisasikan portal lelang dan membantu pemasaran produk UMKM secara lelang melalui portal lelang resmi milik pemerintah, yaitu pada laman lelang.go.id.

Pada lokasi pertama, tim kedai lelang mengunjungi Gerai Bening. Di lokasi ini tim kedai lelang mendapati beberapa produk antara lain berbagai makanan ringan yang diolah dari hasil pertanian lokal seperti keripik singkong, keripik talas, keripik terong, keripik pare, dan berbagai jenis makanan ringan lainnya. Selain itu, Gerai Bening juga menjual produk kerajinan batik tulis yang dibuat dengan tangan oleh masyarakat sekitar.

Selepas dari Gerai Bening, tim melanjutkan kunjungan ke galeri Lampung Ethinica, UMKM yang memproduksi kerajinan tapis. Tapis merupakan kerajin tenun berhiaskan benang emas atau perak yang merupakan pakaian khas adat Lampung. Lampung Ethnica telah beberapa kali memenangkan penghargaan, diantaranya Juara 1 Lomba Wirausaha Muda Syariah, Juara III Wirausaha Muda Berprestasi, Juara III kategori IKM yang berhasil Ekspor Perdana tahun 2021. Tim Kedai Lelang mengajak manajemen Lampung Ethnica untuk turut berpartisipasi dalam kedai lelang UMKM. Harapannya dengan mengikuti kedai lelang penjualan produk kerajinan lokal dapat semakin dikenal oleh masyarakat dengan cakupan area pemasaran yang semakin luas.

Di lain kesempatan, pada Senin, 6 Maret 2023 tim kedai lelang KPKNL Metro kembali melakukan penggalian potensi lelang produk UMKM. Sasaran target kali ini ditujukan pada UMKM yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Tengah. Menggunakan strategi yang hampir serupa dengan kegiatan sebelumnya, Tim Kedai Lelang KPKNL Metro melaksanakan koordinasi pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Tengah. Kedatangan tim disambut baik oleh jajaran Dinas Koperasi KPKNL Metro. Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil dan menengah Kabupaten Lampung Tengah menyambut baik kedatangan tim kedai lelang untuk membantu pemasaran produk UMKM. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat membantu mengangkat kembali gairah UMKM yang sempat berhenti produksi selama pandemi covid-19. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan alternatif saluran penjualan yang efektif bagi para pelaku UMKM agar dapat meningkatkan penjualan produk dan merangsang munculannya usaha-usaha baru sehingga perekonomian di wilayah Kabupaten Lampung Timur semakin kuat dan sejahtera. Kedai Lelang UMKM, Inovasi Tiada Henti, Sahabat UMKM.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini