Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Metro > Berita
Pemulihan Ekonomi Berlanjut, Kebijakan Fiskal Tetap Diperkuat (FGD Pejabat Administrator)
Desiana Wahyuningsih
Rabu, 24 Februari 2021   |   246 kali

Setelah Preliminary FGD Pejabat Administrator Quartal I Tahun 2021 selesai dilaksanakan, Selasa (23/2) Kepala KPKNL Metro  selaku pejabat administrator  melaksanakan Focus Group Discusion (FGD) dengan tema “ Pemulihan Ekonomi Berlanjut, Kebujakan Fiskal Tetap Diperkuat”, yang diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Metro. FGD ini dilaksanakan melalui media zoom dan secara langsung di Aula KPKNL Metro yang tentunya tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan. Kepala KPKNL Metro dengan didampingi Kepala Seksi Kepatuhan Internal berlaku sebagai pemateri.

Perkembangan Pandemi Covid 19 dan Perekonomian, Pelaksanaan APBN dan PEN 2020, APBN dan PEN 2021 serta Reformasi Struktural Untuk Daya Saing dan Investasi menjadi empat topik yang cukup menarik untuk dikupas. Dunia menghadapi kejadian tak terduga dan luar biasa, Pandemi Covid 19 mengubah arah global dan memicu respon luar biasa. Indonesia mengambil langkah cepat dan terukur untuk menanggulangi dampak pandemi dan mendorong pemulihan ekonomi.   Pertumbuhan ekonomi melanjutkan fase pemulihan, belanja pemerintah berhasil mendorong pemulihan ekonomi, ujar Maya Sartika, Kepala KPKNL Metro.

APBN 2020 mampu untuk countercyclical, untuk penanganan kesehatan dan dampak covid 19 terhadap masyarakat dan dunia usaha, Realisasi Program PEN 2020 cukup optimal. APBN menopang perekonomian 2020 melalui konsumsi pemerintah, rumah tangga dan investasi publik. Program Perlinsos 2020 dieskalasi untuk mitigasi dampak negatif. Kontribusi APBN mendukung pemulihan investasi melalui belanja modal pemerintah yang akseleratif, kinerja ekspor impor menunjukan tren membaik. APBN 2020 menopang survival UMKM melalui berbagai program bantuan.

Pemulihan ekonomi berlanjut di 2021, kebijakan fiskal dan APBN digunakan secara optimal untuk mendorong momentum pemulihan berkelanjutan. Arah kebijakan strategis untuk menjaga momentum pemulihan, akselerasi vaksinasi dan pengendalian pandemi serta penguatan program-program stimulus ekonomi dilaksanakan untuk menjaga tren pemulihan menuju zona positif dan fase pemulihan dunia usaha lebih kuat serta menjadi motor pertumbuhan yang berkelanjutan, jelas Maya, dalam penyampaian materinya.

Pandemi meningkat urgensi untuk melanjutkan reformasi guna memperkuat fondasi untuk menghadapi tantangan global di masa mendatang dan mencapai tujuan pembangunan. Pasca pandemi menjadi momentum reformasi fundamental untuk mengakselerasi transformasi ekonomi. Reformasi fundamental akan tercermin pada kemudahan berusaha dan meningkatnya daya saing, ujar Sinung D.W, Kepala Seksi Kepatuhan Internal KPKNL Metro dalam lanjutan penyampaian materi FGD dengan topik Reformasi Struktural Untuk Daya Saing dan Investasi.

Sebagai umpan balik dari penyampaian materi dan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dari para peserta FGD atas materi yang disampaikan, dibuka sesi diskusi interaktif. Pada akhir FGD, Maya Sartika menyampaikan harapannya agar para pegawai KPKNL Metro dapat menjadi penyambung lidah kepada masyarakat terkait upaya-upaya yang telah dilakukan pemerintah dalam menanggulangi dampak pandemi Covid 19 khususnya terkait dalam pengelolaan dan  pemanfaatan APBN dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional. (HI KPKNL Metro)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl A.H Nasution Nomor 116 Kota Metro
(0725) 48803
(0725) 48843
kpknlmetro@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini