Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Malang > Berita
Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Di Lingkungan Kemenkeu Wilayah Malang
R.hilda Nurhayati
Senin, 06 Agustus 2018   |   283 kali

Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

Di Lingkungan Kemenkeu Wilayah Malang

 

Jaga Integritas dimanapun, Cegah dan Berantas Korupsi !

 

Malang -  Mendukung suksesnya pencegahan dan pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan, Inspektorat Bidang Investigasi (IBI) lakukan sosialisasi di lingkungan Kementerian Keuangan, Acara digelar tanggal 31 Juli 2018 s.d 2 Agustus 2018. Bertempat di Aula Kantor KPKNL Malang.  Kegiatan terbagi dalam 3 (tiga) session, Session pertama tanggal 31 Juli 2018, sosialisasi pada Pejabat/Pegawai Kantor Pelayanan Pajak  di Wilayah Malangraya, tanggal 2 Agustus 2018, Pejabat/Pegawai Kantor Pelayanan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC)  Malang dan tanggal 2 Agustus 2018 dihadiri oleh  Pejabat/Pegawai Pegawai KPKNL Malang.

 

Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Lingkungan Kementerian Keuangan disampaikan oleh narasumber Luki Fajar, Merzi Umas  dan Widya Ari Pramayoga. Saat ini fokus pencegahan korupsi tidak hanya kepada instansi vertikal yang ada di daerah-daerah, namun juga kepada Unit instansi di lingkungan Kementerian Keuangan. Pada sosialisasi tersebut dipaparkan materi faktor-faktor pendorong Fraud, Gratifikasi dan mekanisme pelaporannya.  “Harapannya kita lebih memahami risiko-risiko fraud pada masing-masing unit sehingga dapat meminimalisir terjadinya fraud,” pungkas Luki Fajar.

 

Pencegahan korupsi melalui diri sendiri,  setiap pegawai harus bisa menjaga integritasnya dimanapun ia berada. apabila seorang pegawai sudah mampu untuk menjaga dirinya sendiri, ia dapat melakukan persuasif untuk mencegah yang lain untuk tidak melakukan korupsi” ujar Merzi Umas selaku Auditor Muda IBI .

 

Kementerian Keuangan telah menyiapkan kemudahan bagi pegawai yang ingin melaporkan adanya tindak fraud di lingkungannya melalui Whistleblowing System. Sistem tersebut dapat diakses melalui telepon, faksimile, sms, website, surel, dan pengiriman surat kepada Itjen.

 

Sosialisasi dilanjutkan dengan berbagai tanya jawab dengan pejabat dan pegawai KPKNL Malang. Focus Group Discussion berlangsung hangat, pegawai antusias mengajukan pertanyaaan pada session tersebut , diharapkan sosialisasi tersebut dapat meningkatkan motivasi bagi seluruh pegawai untuk turut mencegah praktik korupsi disekitar dan membudayakan whistleblowing system. (Teks/Foto Ida)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. S. Supriyadi No. 157 Malang
(0341) 804475
(0341) 804473
kpknlmalang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini