Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Makassar > Berita
Kementerian Keuangan Mengajar 8, Dari Kami Untuk Negeri di Lingkup Makassar Raya
Gusnadi
Senin, 23 Oktober 2023   |   82 kali

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Senin dan Selasa, 23 Oktober 2023 secara serentak melaksanakan kegiatan Kemenkeu Mengajar (KM) di beberapa sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat, Sekolah Berkebutuhan Khusus serta Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Kemenkeu mengajar dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Oeang (HORI) ke-77, Kemenkeu menyelenggarakan Kemenkeu Mengajar ke-8 (KM8) Tahun 2023. Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan kerelawanan dari para pegawai Kementerian Keuangan yang penyelenggaraannya tidak dibebankan pada dana APBN.

Pelaksanaan Kemenkeu Mengajar 8 (KM8) di Kota Makassar Raya diselenggarakan di 8 lokasi Sekolah, yang terdiri dari 5 Sekolah Dasar (SD) yakni SD Inpres Boliangi I Gowa, SD Impres Pampang II, SD Inpres Panaikan I/1, SD Impres Lakiyung Gowa, SDN 24 Batangase Maros dan 1 sekolah Menengah Pertama (SMP) yakni SMP 6 Moncongloe Maros, 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) yakni SMAN 21 Makassar dan 1 Sekolah Berkebutuhan Khusus yakni SLB Yapti.

Beberapa pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar juga turut mengambil bagian dalam kegiatan ini, salah satunya adalah Harmaji, Kepala KPKNL Makassar. Sebelum melakukan tatap muka pembelajaran Harmaji bersama seluruh relawan Kemenkeu Mengajar terlebih dahulu mengikuti upacara bendera yang dilanjutkan penyampaian plakat serta pemberian tanaman/pohon dari KM8 yang diterima langsung oleh kepala Sekolah SMP 6 Moncongloe Maros, H Ahmad AB.

Harmaji yang menjadi Relawan Pengajar pada SMP 6 Moncongloe Maros, turut menyampaikan materi antara lain adalah literasi pengelolaan uang pribadi, pengertian, peran dan manfaat Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN), tugas dan fungsi Kementerian Keuangan utamanya tugas dan fungsi KPKNL dan juga melakukan simulasi lelang, Nilai-nilai Kementerian Keuangan dan Implementasi konsep peduli lingkungan dan digital literacy.

Sesuai dengan tagline Kemenkeu Mengajar “Dari Kami Untuk Negeri”, maka diharapkan kegiatan KM8  dapat membangun semangat anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang akan membangun Negeri ini di masa yang datang.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumoharjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara I Lt. 2 Makassar - 90232, Kotak Pos 1280
(0411) 456115
(0411) 456116
kpknlmakassar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini