Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peringatan Hari Oeang ke-76
Nabhan Shidqi Farghani
Rabu, 12 Oktober 2022   |   124 kali

Jayapura (9/10) KPKNL Jayapura mengikuti kompetisi futsal dalam rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) yang ke-76. Kompetisi futsal tersebut berlokasi di Poltekbang Jayapura, selain itu, KPKNL Jayapura juga telah mengikuti perlombaan bulutangkis, catur, e sport dan perlombaan lainnya yang diadakan di lingkungan Kementerian Keuangan Jayapura. kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan visi Kemenkeu Satu Kemenkeu Terpercaya yang sudah digagaskan sebelumnya melalui kegiatan perlombaan di bidang olahraga, seni dan juga webinar. Slogan budaya Kemenkeu Satu, Kemenkeu Tepercaya menjadi slogan baru bagi Kementerian Keuangan. Dari slogan tersebut memberikan pengertian bahwa Kementerian Keuangan bisa menjadi satu kesatuan sehingga tercipta organisasi Kemenkeu yang tepercaya.

Hari Oeang dijadikan kesempatan untuk mewujudkan visi Kemenkeu Satu dan Terpercaya. Hari Oeang diperingati setiap tanggal 30 Oktober. Hari Oeang merupakan tonggak sejarah dimana Indonesia pertama kali menerbitkan mata uang resmi sendiri yaitu Oeang Republik Indonesia (ORI) pada tanggal 30 Oktober 1946. Pada tahun ini (tahun 2022), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) yang ke-76.

        Kick Off Hari Oeang pada tahun ini diagendakan pada tanggal 30 September 2022 yang dibuka langsung oleh Menteri Keuangan. Kick Off Hari Oeang ke -76 diselenggarakan sebagai tanda dimulainya rangkaian peringatan Hari Oeang ke-76. Dalam peringatan Hari Oeang tahun ini, ada berbagai macam kegiatan seperti perlombaan olahraga, asah otak, seni, budaya dan juga webinar. Perlombaan diikuti oleh seluruh eselon II Kementerian Keuangan baik di tingkat pusat maupun daerah. Berikut adalah berbagai macam jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperigati Hari Oeang yang ke-76 di lingkup Kementerian Keuangan Jayapura yaitu :

1.    1. Lomba Menulis Esai

Terbuka bagi seluruh pegawai Kemenkeu, termasuk mahasiswa PKN STAN dengan mengangkat tema, Peran ASN Kemenkeu Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan

 2.  Lomba E-Sports Stumble Guys

Stumble Guys adalah suatu game online berbasis multiplayer royale, para pemain akan berkompetisi untuk lolos memenuhi kuota tiap match.

 3. Kompetisi Bola Voli

Bertujuan untuk meningkatkan sinergi antar unit dalam semangat Kemenkeu Satu, menggunakan sistem setengah kompetisi (round robin) dan sistem gugur.

 4. Oeang Chess Tournament

Pertandingan catur beregu dan perorangan antar Unit Eselon II, Kementerian Keuangan dalam rangka memeriahkan HORI ke-76

 5. Badminton Oeang Cup 2022

Bertujuan meningkatkan sinergi antar unit Kemenkeu dalam semangat Kemenkeu Satu, turnamen ini terdiri atas Pertandingan Beregu dengan sistem gugur.

 6. Turnamen Tenis Meja HORI 2022

Turnamen ini dilaksanakan sebagai ajang silahturahmi para pemain tenis meja lingkup Kemenkeu, diikuti oleh seluruh ASN Kemenkeu di seluruh Indonesia.

7.Turnamen Tenis Lapangan

Turnamen ini guna meningkatkan sinergisitas Kemenkeu Satu antar unit di Kementerian Keuangan.

 8.  E-Sport PUBG Mobile

Akan dipertandingkan 32 tim terbaik dari masing-masing Unit Eselon 1, SMV, dan BLU dan hanya 1 tim yang berhak menduduki peringkat puncak e-Sport PUBG Mobile HORI76

 9. Turnamen Futsal

Bentuk respon atas animo atau antusiasme yang begitu tinggi dari insan-insan Kementerian Keuangan terhadap pergelaran kompetisi Futsal.

 10.  KCT Overview Ibu Kota Nusantara (IKN) dari perspektif Kemenkeu: Peraturan, Penganggaran, serta Aset

Meningkatkan awareness pegawai Kemenkeu terkait Urgensi IKN dan memberikan gambaran serta informasi terkait IKN dari perspektif Kemenkeu

 11. Webinar Series: Together We Change, Together We Transform

Webinar Series ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan dari seri pertama hingga seri ketiga, dengan target peserta seluruh pegawai DJKN

Dengan kegiatan kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan rasa kesatuan dari seluruh jajaran Kementerian Keuangan dari berbagai eselon sekaligus menanamkan rasa cinta terhadap mata uang negara Indonesia yaitu rupiah.  Tahun ini merupakan peringatan ke-76 sejak Oeang Republik Indonesia diterbitkan pertama kalinya pada tahun 1946. Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) tahun ini diperingati dalam suasana penuh harapan dalam menghadapi tantangan menuju pemulihan Indonesia. Mengambil tema "Kemenkeu Satu: Sigap Hadapi Tantangan, Tangguh Kawal Pemulihan", peringatan HORI ke-76 mengingatkan kita bahwa tugas kita masih sangat menantang hari ini dan ke depan. Pemulihan harus kita kawal sampai betul-betul kembali normal.

           Kita semua patut berterima kasih kepada para pejuang pendahulu kita yang telah berjasa membangun negeri ini. Sebagai bagian dari Kementerian Keuangan, kita bertanggung jawab untuk meneruskan perjuangan tersebut. “Integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan" harus menjadi satu acuan dan spirit moral kita dalam mengemban tugas kita sebagai punggawa Nagara Dana Rakca.

 

Selamat Hari Oeang ke-76!

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini