Jayapura - Kepala KPKNL Jayapura, Dadang Eko
Darminto, menyambut baik kedatangan Business Support Head Bank
Mandiri Provinsi Papua, Rut Suzyrita Rawung, beserta jajaran di ruang
rapat GKN Jayapura lt.9 pada Jumat (12/08). Kedatangan
perwakilan Business Support Head Bank Mandiri Provinsi Papua ke KPKNL Jayapura kali ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dari Kantor Wilayah Bank
Mandiri Provinsi Papua dan KPKNL Jayapura dalam rangka sharing dan
pemberian sosialisasi Service Excellent dalam rangka meningkatkan pelayanan
terhadap stakeholder.
Diselenggarakannya acara sosialisasi Service
Excellent ini yaitu sebagai bagian
dari program KPKNL Jayapura mewujudkan bentuk layanan terbaik kepada
stakeholder sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara
Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Pelayanan Publik adalah pemberian pelayanan prima kepada masyarakat yang
merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat, oleh karenanya instansi publik berkewajiban memberikan pelayanan prima kepada
masyarakat.
Acara osialisasi Service Excellent dimulai oleh Pelaksana KPKNL Jayapura, Ahmad Hifdi Bayu, yang bertindak sebagai Master
of Ceremony dalam acara tersebut. Kemudian acara dilanjutkan dengan
sambutan yang disampaikan oleh Kepala Kantor KPKNL Jayapura, Dadang Eko
Darminto. Yang sekaligus membuka secara resmi sosialisasi. “Kami menyambut baik
pelaksanaan sharing knowledge pada hari ini, diharapkan setelah
mendapatkan materi terkait service excellent nanti, para pegawai di KPKNL
Jayapura dapat meningkatkan kapasitas diri dalam melayani stakeholder dan mempraktikkannya dalam pemberian layanan sehari-hari” ujar Dadang Eko
Darminto dalam sambutannya. Dadang juga merencanakan untuk mengadakan kunjungan
langsung ke Kantor cabang Bank Mandiri agar dapat melihat secara langsung
bagaimana pelayanan yang diterapkan oleh Bank Mandiri Jayapura terhadap para
nasabahnya.
Setelah penyampaian sambutan oleh Kepala KPKNL
Jayapura, Dadang Eko Darminto, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi
terkait Service Excellent yang disampaikan oleh Service Quality Officer PT Bank Mandiri Kanwil XII Papua, Delima Hesti Aritonang. Dalam pemaparannya, Delima menyampaikan bahwa pelayanan merupakan hal
yang penting bagi organisasi, karena pelayanan merupakan wajah dari organisasi,
apabila pelayanan yang diberikan baik, maka persepsi pengguna layanan akan baik
terhadap organisasi tersebut, begitu pula sebaliknya. Delima juga menyampaikan
untuk selalu mendengarkan apa yang disampaikan oleh costumer serta menunjukkan
rasa empati agar costumer dapat merasakan kepuasan dalam layanan yang
diberikan.
Diakhir agenda, Service Quality Officer, Delima
Hesti Aritonang mengadakan sesi tanya jawab dan dialog interaktif yang
disambut secara aktif oleh jajaran KPKNL Jayapura, acara dilanjutkan degan quiz materi Service Excellent. Hal
ini bertujuan untuk mereview materi yang telah disampaikan pada pemaparan
sebelumnya. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah serta foto bersama
antara jajaran KPKNL Jayapura dengan Bank Mandiri Papua. Kegiatan itu sekaligus
menutup acara kegiatan sosialisasi Service Excellent. Diharapkan dengan
diadakannya agenda sosialisasi Service Excellent yang diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN KPKNL
Jayapura ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan KPKNL Jayapura terhadap stakeholder.