Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jayapura > Artikel
Cara Mendapatkan Ide Konten Sosial Media Sebagai Upaya Untuk Membangun Citra Positif DJKN
Nabhan Shidqi Farghani
Senin, 01 Mei 2023   |   1086 kali

Di zaman sekarang media sosial merupakan cara paling ampuh untuk membuat citra yang bagus bagi suatu entitas, tidak terkecuali bagi instansi pemerintahan. Citra yang baik serta informasi yang transparan merupakan tugas wajib yang perlu disampaikan oleh DJKN kepada masyarakat luas. Di era digitalilasi ini terdapat berbagai platform media sosial yang dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi publik. Salah satunya adalah instagram. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer di Indonesia. Mengutip data survei dari We are Social, instagram adalah media sosial keempat yang paling aktif digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Posisi tersebut di belakang youtube, whatsapp, dan facebook.


Lalu bagaimana cara menemukan konten yang relevan dengan informasi publik yang ingin disampaikan?

 

 

1. Lihat Akun Lain yang Relevan

Cara paling mudah adalah dengan melihat referensi dari akun instagram lain. Khususnya dari akun instagram yang relevan dengan  kita. Misalkan anda bisa lihat akun Instagram instansi lain, lihat akun Instagram instansi lain yang masih relevan. Di sana kita bisa tahu konten-konten seperti apa yang mereka hadirkan. Untuk menemukan akun yang relevan, anda bisa manfaatkan pencarian di instagram. Anda bisa cari menggunakan kata-kata kunci yang berkaitan dengan kegiatan anda. Anda bisa cari akun, hashtag, ataupun lokasi yang berkaitan dengan kegiatan kita, anda juga bisa ikuti akun-akun instagram yang dapat menjadi inspirasi anda.

 

2. Manfaatkan Eksplor

Di Instagram juga ada fasilitas eksplor. Melalui fasilitas ini, Instagram merekomendasikan konten-konten yang sesuai kegiatan kita. Untuk mengakses eksplor, masuk ke menu search di instagram. Selanjutnya anda menemukan rekomendasi konten dari Instagram. Nah anda bisa telusuri konten-konten tersebut. Siapa tahu anda bisa dapat ide konten untuk akun Instagram anda. Perlu anda ketahui, rekomendasi konten ini didasarkan pada minat dan aktivitas akun anda di Instagram.

 

3. Pahami kebutuhan audiens

Cara lain agar bisa mendapatkan ide konten adalah dengan mempelajari dan memahami kebutuhan audiens/target pasar anda. Misal, target pasar anda adalah kalangan masyarakat yang berpotensi untuk menjadi pembeli lelang, maka pahami dan cari tahu kebutuhan serta kesukaan mereka. Cari tahu apa hal-hal yang mereka suka, apa yang menarik minat mereka. Selanjutnya jadikan kesukaan, minat, dan kebutuhan tadi sebagai bahan dasar konten instagram anda.



4. Dapatkan Feedback Audiens

Sumber ide lain adalah feedback dari audiens. Setelah followers anda makin banyak, lalu anda sudah banyak memproduksi konten, nanti pasti para pengikut akan memberikan feedback. Feedback in bisa berupa komentar, pesan, dan sebagainya. Nah dari feedback tersebut. anda bisa menggali ide untuk konten Instagram anda. Feedback audiens adalah senjata utama dalam mencari ide.

 


 

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini