Gorontalo
– Tahun ini merupakan tahun emas bagi KPKNL Gorontalo karena berhasil meraih tiga
penghargaan sekaligus pada perlombaan yang diadakan dalam rangka memperingati
Hari Kekayaan Negara Tahun 2023. Dari enam perlombaan yang digelar yaitu
Kompetisi Inovasi Kekayaan Negara (KIKN), Kantor Pelayanan Terbaik (KPT),
Pengelolaan Arsip, Anugerah Kawan Perpustakaan, Fun E-Sport, dan Menulis
Artikel, KPKNL Gorontalo berhasil menorehkan prestasi gemilang yaitu:
1.
Peringkat
Pertama KIKN melalui Aplikasi LEGO
2.
Peringkat
Pertama sebagai Kantor Pengeloaan Arsip Terbaik
3.
Peringkat
Ketiga Kantor Perlayanan Terbaik
Ketiga
penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Kepala KPKNL Gorontalo di
sela-sela acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DJKN Tahun 2023 yang diselenggarakan
pada tanggal 20 – 24 November 2023. Acara penganugerahan untuk pemenang lomba diadakan
di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (23/11).
Aplikasi
LEGO (Lelang Gorontalo) merupakan aplikasi berbasis android yang mudah
digunakan dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini memberikan layanan pada tahap pra
dan pasca lelang, karena untuk pelaksanaan lelang telah tersedia aplikasi yang
berlaku secara nasional yaitu aplikasi Lelang Indonesia yang bisa di akses pada
laman lelang.go.id.
“Aplikasi
LEGO diharapkan bisa menjembatani dan melengkapi layanan aplikasi Lelang
Indonesia sehingga pelayanan lelang secara online dapat terpenuhi baik pra,
pelaksanaan, maupun pasca lelang” kata Aska Winata Putra, Pelelang Ahli Pertama
KPKNL Gorontalo, yang membangun dan mengembangkan aplikasi ini.
Sedangkan
untuk Pengelolaan Arsip Terbaik berhasil diraih berkat kerjasama seluruh unsur
di KPKNL Gorontalo. Penataan arsip mulai diintensifkan sejak KPKNL Gorontalo
ditunjuk mewakili Kanwil DJKN Suluttenggomalt untuk mengikuti lomba kearsipan. Selama
kurang lebih lima bulan seluruh arsip dirapikan dan ditertibkan, termasuk
penataan sarana dan prasana serta peningkatan kesadaran mengenai pentingnya
kearsipan kepada seluruh pegawai KPKNL Gorontalo.
Demikian
pula prestasi menjadi Kantor Pelayanan Terbaik yang berhasil menjadi terbaik
ketiga, tak luput dari keterlibatan semua pihak, baik pimpinan, pegawai, maupun
para petugas keamanan dan kebersihan. Penghargaan ini dapat diraih berkat pelayanan terbaik yang sudah
menjadi budaya KPKNL Gorontalo yang sebelumnya sudah meraih prestasi sebagai kantor
yang berpredikat WBK dan WBBM.
“Semoga penghargaan ini
menjadi penambah semangat bagi seluruh pegawai KPKNL Gorontalo agar dapat
memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh stakeholder. Yang lebih penting
dari semua adalah bagaimana kita bisa menjaga prestasi ini dan mempertahankan
budaya pelayanan yang bisa menjadi contoh untuk instansi lainnya” harap Iwan.