Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Berita
Stakeholder Engagement Kemenkeu Satu : Peran Kementerian Keuangan Terhadap Pemberdayaan UMKM Melalui Lelang
Yus Iriyanto Ilahude
Selasa, 15 Agustus 2023   |   78 kali

Gorontalo – Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo mengadakan acara Stakeholder Engagement Kemenkeu Satu dalam bentuk sosialisasi APBN kepada masyarakat. Kegiatan  tersebut menghadirkan tokoh masyarakat yaitu Rachmat Gobel yang merupakan anggota Komisi XI sekaligus Wakil Ketua DPR RI. Acara tersebut berlangsung di Aula Kanwil DJPB Provinsi Gorontalo pada Jumat (11/08).

Kegiatan Stakeholder Engagement Kemenkeu Satu kali ini mengambil tema Peran Kementerian Keuangan Dalam Pemberdayaan UMKM Melalui Lelang. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban didampingi oleh Direktur Lelang, Joko Prihanto, Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar Arif Bintarto Yuwono, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo Adnan Wimbyarto, dan Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Nikodemus Sigit Raharjo serta KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan. Turut hadir pula Kepala KPKNL Manado dan Kepala KPKNL Ternate serta Pejabat Eselon III lainnya di lingkungan Kementerian Keuangan di wilayah Provinsi Gorontalo.

Adapun para tamu undangan lainnya yang hadir yaitu perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM, perbankan, pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo. Selain itu beberapa pelaku UMKM binaan Kementerian Keuangan memanfaatkan kegiatan ini dengan membuka Bazaar di halaman depan Kanwil DJPB Provinsi Gorontalo.

Acara dimulai sekitar pukul 09.30 WITA diawali dengan tari daerah penyambutan tamu yang ditampilkan oleh siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Gorontalo. Mereka  menampilkan Tari Tidi Lo O Ayabu, yang merupakan tarian khas Gorontalo untuk menyambut tamu kehormatan. Penampilan tari tersebut mendapat apresiasi dari segenap tamu yang hadir karena sejatinya mereka adalah anak-anak penyandang tuna rungu namun bisa menampilkan gerak tari dengan harmonisasi yang sangat baik.

Sambutan pertama disampaikan oleh Adnan Wimbyarto selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Gorontalo. Beliau menyampaikan terima kasih atas kehadiran Rachmad Gobel dan Rionald Silaban di Provinsi Gorontalo. Beliau juga menyampaikan beberapa program Kementerian Keuangan dalam mendukung UMKM khususnya di Gorontalo.

Kementerian Keuangan turut berperan aktif mendukung UMKM dengan program “Kemenkeu Satu mendukung UMKM tumbuh melalui digitalisasi dan globalisasi menuju Indonesia maju”, yaitu dengan memberikan alternatif pemasaran dan penyaluran produk UMKM melalui program kedai lelang UMKM. Selain itu melalui salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kemenkeu/Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang mempunyai mandat khusus sebagai agen pemerintah untuk mendukung ekspor nasional yang dilakukan melalui mekanisme pembiayaan ekspor, penjaminan, asuransi, dan juga jasa konsultasi” kata Adnan.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban. Dalam sambutannya beliau menyampaikan peran penting UMKM sebagai salah satu pilar penting dalam ketahanan ekonomi nasional.

UMKM adalah urat nadi kehidupan perekomonian bangsa ini. Sektor UMKM merupakan sektor yang sangat strategis yang membuat perekonomian Indonesia dapat bertahan dibandingkan dengan negara-negara lain ketika pandemi Covid-19” ujar Rionald Silaban.

“Direktorat Jenderal Kekayaan Negara sebagai salah satu unit eselon satu dari Kementerian Keuangan salah satu layanan utamanya adalah pelayanan lelang. Saat ini telah diberikan berbagai macam kemudahan bagi para UMKM untuk bisa memasarkan produknya melalui lelang. Para pelaku UMKM dapat dengan mudah menjual produk-produknya melalui situs lelang.go.id dan tidak ada biaya yang dikenakan bagi para pelaku UMKM” lanjutnya

Menurut Rionald Silaban, hal ini merupakan salah satu langkah dan usaha DJKN dalam mendorong UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga bisa dikenal dan diketahui secara nasional melalui lelang.go.id. Karena di era 4.0 sekarang ini, UMKM harus bisa merambah ke platform online khususnya seperti e-commerce.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Rachmat Gobel. Sebagai Wakil Ketua DPR RI sekaligus Anggota Komisi XI yang merupakan mitra Kementerian Keuangan, beliau mengharapkan dukungan Kementerian Keuangan dalam membantu dan mengembangkan UMKM khususnya di Gorontalo.

“Gorontalo memiliki potensi yang cukup besar. Banyak UMKM di Gorontalo khususnya kerajinan seperti kain Karawo, songkok rotan Karanji dan lain sebagainya yang bisa dikembangkan agar bisa menjadi komoditi ekspor. Tentunya ini membutuhkan kerja sama dari banyak pihak. Saya harap unit-unit vertikal Kementerian Keuangan yang ada di Provinsi Gorontalo dapat menjalin kolaborasi yang baik dengan pihak-pihak terkait seperti Bank Indonesia, pemerintah daerah, atau perbankan untuk bersama-sama mengembangkan UMKM di Gorontalo.” harap Rachmat Gobel.

Sebelum acara inti yaitu sosialisasi, diadakan foto bersama dan penyerahan plakat penghargaan dari Direktur Jenderal Kekayaan Negara kepada Rachmat Gobel dan sebaliknya. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis hasil lelang sukarela lukisan karya siswa-siswa SLB Negeri Gorontalo oleh Rionald Silaban kepada Kepala Sekolah dan perwakilan siswa SLB.

Acara selanjutnya yaitu acara inti berupa sosialisasi tentang pemberdayaan UMKM melalui lelang. Acara sosialisasi tersebut dibawakan oleh Nikodemus Sigit Raharjo dan dipandu oleh moderator dari TVRI Stasiun Gorontalo, Taufik Sako. Nikodemus memaparkan secara garis besar tentang apa dan bagaimana itu lelang. Beliau menguraikan kemudahan dan keuntungan jual beli melalui lelang.

“Saat ini lelang sudah dilaksanakan secara online melalui portal lelang.go.id. Rekan-rekan pelaku UMKM bisa menjual produknya melalui lelang sehingga jangkauan pemasarannya bisa lebih luas. Selain itu Kementerian Keuangan memberikan fasilitas berupa pembebasan biaya kepada pelaku UMKM. Silahkan rekan-rekan UMKM berkoordinasi dengan KPKNL Gorontalo agar dibantu dalam hal persiapan dan pemenuhan persyaratan sampai produknya bisa dijual melalui lelang” jelas Nikodemus.

Acara sosialisasi berlangsung sekitar 20 menit dan mendapat antusias dari pelaku UMKM. Karena keterbatasan waktu, acara diskusi dan tanya jawab hanya diberikan kepada 2 orang penanya. Keseluruhan acara berjalan lancar dan tertib dan berakhir pukul 11.30 WITA.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Prov. Gorontalo
(0435) 823727
-
kpknlgorontalo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini