Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Berita
Kunjungan dan Pembinaan Direktur Jenderal Kekayaan Negara di KPKNL Gorontalo
Yus Iriyanto Ilahude
Selasa, 15 Agustus 2023   |   55 kali

Gorontalo – Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban melakukan kunjungan ke KPKNL Gorontalo sekaligus melakukan pembinaan dan pengarahan di Aula KPKNL Gorontalo pada Kamis (10/08). Dalam kunjungan tersebut Rionald Silaban didampingi oleh Direktur Lelang, Joko Prihanto dan Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat, Arif Bintarto Yuwono. Kedatangan Direktur Jenderal Kekayaan Negara dan tim disambut oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, dan Maluku Utara, Nikodemus Sigit Raharjo, dan Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan, serta beberapa unit Eselon III yaitu Kepala KPKNL Manado dan Kepala KPKNL Ternate.

Kedatangan Direktur Jenderal Kekayaan Negara di Gorontalo merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Stakeholder Engagement Kemenkeu Satu Provinsi Gorontalo yang dijadwalkan beliau akan menghadiri acara tersebut pada Jumat (11/08) bertempat di Aula Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo.

Rionald Silaban dan tim tiba di KPKNL Gorontalo pada pukul 15.30 WITA dan langsung melakukan office tour dengan mengunjungi beberapa ruang kerja pegawai pada KPKNL Gorontalo. Acara pembinaan dan pengarahan dimulai sekitar pukul 16.00 WITA yang diawali dengan sambutan dari Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut, Nikodemus Sigit Raharjo.

“Selamat datang kami ucapkan kepada Bapak Rionald Silaban dan tim di KPKNL Gorontalo. Perlu kami sampaikan bahwa KPKNL Gorontalo merupakan unit kerja di wilayah kerja Kanwil DJKN Suluttenggomalut yang telah lengkap dan paripurna dalam pelayanan, karena sudah menjadi kantor yang memiliki predikat WBK sekaligus WBBM. Selain itu saat ini KPKNL Gorontalo ditunjuk sebagai salah satu kantor yang mengikuti lomba Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2023 tingkat internal DJKN. Tentunya kami berharap KPKNL Gorontalo akan memperoleh hasil yang terbaik” kata Nikodemus.

Selanjutnya adalah perkenalan masing-masing pegawai yang dipimpin secara langsung oleh Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan. Masing-masing pegawai memperkenalkan diri secara singkat terkait jabatan dan asal daerahnya serta lama waktu penugasan pada KPKNL Gorontalo.

“Inilah wajah-wajah pegawai KPKNL Gorontalo yang tetap cerah dan bersemangat walaupun sebagian besar jauh dari homebase-nya. Ada harapan besar yang ingin kami capai saat ini yaitu kami ingin menjadikan KPKNL Gorontalo sebagai role model bagi unit kerja lain dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Selain itu kami berharap agar budaya kerja dan pelayanan tersebut bisa menghasilkan calon-calon pemimpin di masa yang akan datang” kata Iwan.

Sebelum memberikan pembinaan, Rionald Silaban memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada Direktur Lelang untuk menyampaikan pesan-pesannya.

“Saya berpesan kepada rekan-rekan yang masih jauh dari kampung halaman untuk jangan berkecil hati.  Banyak pengalaman yang akan kita peroleh dengan berkeliling dari satu daerah ke daerah yang lain. Kita juga akan memilik banyak teman. Jadi pergunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya” ungkap Joko Prihanto.

Selanjutnya adalah pembinaan dan pengarahan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban. Beliau menceritakan pengalamannya ketika masih awal menjadi pegawai Kementerian Keuangan. Beliau berpesan untuk menghargai dan tetap berkomitmen dalam pekerjaan apapun jenis atau jabatannya.

“Saat saya masih sebagai pelaksana, pekerjaan saya adalah sebagai juru ketik. Namun saya bangga karena naskah dinas yang saya ketik ternyata menjadi naskah dinas yang dikirim oleh pejabat eselon 2 kepada menteri. Dan naskah dinas itu pula yang menjadi dasar surat yang dibuat oleh menteri kepada presiden. Pada waktu itu bisa saja saya bekerja di tempat lain dengan gaji yang lebih besar, namun saya tetap memilih menjadi pegawai pada Kementerian Keuangan, karena menurut saya pekerjaan saya akan membawa dampak yang lebih besar. Jadi saya berharap kepada rekan-rekan semua agar selalu bangga dengan pekerjaannya saat ini, apapun jabatan maupun tugasnya” harap Rionald Silaban.

Beliau menyampaikan bahwa dalam setiap pekerjaan tentu mempunyai peran penting, karena semua tujuan atau target akan tercapai apabila masing-masing pegawai bekerja dan bersinergi satu sama lain. Untuk itu beliau mengingatkan perlunya melihat perspektif yang lebih luas kita dalam pekerjaan dan tugas yang dibebankan.

Selesai pembinaan dan pengarahan dari Direktur Jenderal Kekayaan Negara, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Beberapa hal dibahas dalam sesi tersebut dan ada beberapa masukan dari pegawai KPKNL Gorontalo.

Pada akhir acara diberikan kesempatan kepada Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Arif Bintarto Yuwono untuk memberikan sambutan. Dalam kesempatan tersebut Arif menyampaikan bahwa beliau diminta langsung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara untuk mendampingi beliau ke Gorontalo.

“Kebetulan waktu meninggalkan Kanwil DJKN Suluttenggomalut beberapa bulan yang lalu, saya hanya berpamitan secara virtual dengan teman-teman KPKNL Gorontalo. Maka dalam kesempatan ini saya mohon pamit secara langsung dengan teman-teman, terima kasih atas kerja sama dan bantuan teman-teman selama saya diamanahkan menjadi Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut” ujar Arif.

Acara pengarahan berakhir sekitar pukul 17.15 WITA. Sebelum pergi ke hotel untuk beristirahat, Rionald Silaban berkesempatan menaiki kendaraan khas Gorontalo yaitu bentor bersama dengan para pejabat eselon 2 mengelilingi area kantor dan berlanjut mengelilingi Kota Gorontalo sampai ke hotel. Rionald Silaban juga menyempatkan untuk meninjau rumah dinas dan kebun yang terletak di belakang kantor.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Prov. Gorontalo
(0435) 823727
-
kpknlgorontalo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini