Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Berita
Hari Anak Nasional Tahun 2023 : Lukisan Karya Anak Hebat Gorontalo Ludes Terjual Lelang
Yus Iriyanto Ilahude
Rabu, 02 Agustus 2023   |   43 kali

Gorontalo – Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023 dan sebagai bagian dari Kedai Lelang Tahun 2023, KPKNL Gorontalo mengadakan event lelang sukarela berupa lukisan karya anak-anak disabilitas bertempat di Ruang Lelang KPKNL Gorontalo, Jalan Achmad Nadjamudin Nomor 7 Kota Gorontalo. Sebagaimana diketahui, Hari Anak Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 23 Juli, dan untuk tahun 2023 mengambil tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.

Sebanyak 15 lukisan hasil karya siswa-siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Gorontalo ludes terjual melalui lelang sukarela pada Senin (31/07).  Lukisan-lukisan tersebut merupakan karya dari anak-anak berkebutuhan khusus dengan mengangkat tema yang bervariasi mulai dari pemandangan alam, binatang, maupun lukisan abstrak sesuai dengan kreasi dan kreativitas masing-masing siswa.

Dengan hasil karya lukisan tersebut membuktikan bahwa setiap anak memiliki minat dan bakat serta kreativitas yang harus diberikan wadah agar bisa disalurkan dan dikembangkan. Kepala SLB Negeri Gorontalo, Yulidar Adam, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada KPKNL Gorontalo yang telah mengadakan event ini.

“Kami berharap melalui lelang ini hasil karya anak-anak kami mendapat apresiasi dari masyarakat. Semoga event ini juga bisa memotivasi para orang tua siswa, sehingga anak-anak mereka juga bisa menyalurkan bakatnya seperti anak-anak yang lain pada umumnya. Dengan event ini kami berharap agar anak-anak didik kami bisa menghasilkan karya dengan kemampuan mereka sendiri dan bisa mandiri tanpa bantuan dari orang lain” harap Yulidar.

Pelaksanaan lelang ini mendapat atensi yang tinggi dari masyarakat. Terbukti dari setiap lot lukisan tersebut diikuti dengan rata-rata 3 orang peserta/penawar.

“Total harga pokok lelang yang terbentuk dari 15 lukisan sebesar Rp3.269.800 atau naik 130 persen dari nilai limit lelang. Bahkan ada satu lot lukisan dengan harga limit Rp200.000 berhasil terjual lelang dengan harga Rp500.000. Terdapat beberapa peserta lelang yang berasal dari luar daerah Gorontalo. Untuk peserta lelang dari luar Gorontalo tidak perlu khawatir, karena lukisannya akan dikirim ke alamat peserta dan ongkos kirimnya akan ditanggung oleh KPKNL Gorontalo” jelas Aska Winarta Putra, salah satu Pejabat Lelang KPKNL Gorontalo dalam event tersebut.

Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan bersyukur karena lelang lukisan tersebut berjalan dengan sukses dan menghasilkan harga pokok lelang yang menggembirakan. Menurut Iwan, pelaksanaan lelang lukisan ini akan memberikan banyak dampak positif. Karena selain bisa memberikan kontribusi secara langsung dalam mengembangkan minat dan bakat anak-anak berkebutuhan khusus di Gorontalo, juga dapat memperkenalkan lelang secara luas kepada masyarakat.

“Selama ini lelang hanya dikenal masyarakat sebagai salah satu intrumen untuk menjual barang eksekusi sebagai bagian dari penegakan hukum. Padahal lelang bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana jual beli barang secara sukarela. Untuk itu tahun ini kami mencoba mengenalkan lelang melalui kerja sama dengan SLB Negeri Gorontalo untuk melelang lukisan hasil karya siswa-siswi nya sekaligus sebagai bagian dari kepedulian KPKNL Gorontalo dalam mendukung Hari Anak Nasional Tahun 2023” kata Iwan.

Iwan berharap dengan hasil pelaksanaan lelang ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak berkebutuhan khusus untuk terus berkarya dan berkreasi dalam mengembangkan minat dan bakatnya karena hasil karya mereka dapat memberikan manfaat bagi mereka sendiri dan juga kepada masyarakat.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Prov. Gorontalo
(0435) 823727
-
kpknlgorontalo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini