Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Berita
Koordinasi KPKNL Gorontalo dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo Terkait Lelang UMKM
Yus Iriyanto Ilahude
Jum'at, 14 Juli 2023   |   66 kali

Gorontalo – Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan, dan tim melakukan kunjungan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo pada Kamis (13/07). Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan koordinasi untuk meningkatkan lelang Usaha Miko Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Gorontalo.

KPKNL Gorontalo menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan dalam hal ini Ditjen Kekayaan Negara (DJKN) memiliki sebuah platform penjualan barang online melalui lelang.go.id.

“Selama ini banyak yang menganggap bahwa KPKNL hanya melaksanakan penjualan barang dalam hal lelang eksekusi, Padahal pelayanan lelang dalam hal ini melalui lelang.go.id dapat juga digunakan sebagai wadah untuk penjualan sukarela (lelang sukarela) termasuk lelang produk-produk UMKM. Saat ini, lelang sukarela produk UMKM masih sedikit sekali di Gorontalo karena hanya ditawarkan secara door to door kepada pelaku UMKM. Oleh karena itu diharapkan koordinasi dengan KPW Bank Indonesia Gorontalo ini dapat membuka seluas-luasnya UMKM untuk dapat menggunakan lelang.go.id sebagai market place (media penjualan)” kata Iwan.

Deputi KPW Bank Indonesia Gorontalo, Ridwan Nurjamal, yang menyambut kedatangan tim dari KPKNL Gorontalo menyampaikan terima kasih atas kunjungan. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan tentang bagaimana proses pembinaan UMKM yang dilakukan oleh KPW Bank Indonesia Gorontalo mulai dari hulu sampai ke hilir, sehingga UMKM binaannya bisa berkembang dan sukses serta dikenal seluruh Indonesia.

“Bank Indonesia membantu pelaku UMKM agar menjadi mandiri dan bisa naik kelas. Kami membina UMKM di Gorontalo agar bisa meningkatkan kualitas produknya sehingga bukan saja bisa dipasarkan di luar daerah bahkan dapat berkualitas ekspor. Kami juga selalu menjalin kerjasama dengan instansi lain terutama dengan pihak pemerintah daerah” ungkap Ridwan.

Rachman Sucipto, Pelelang Ahli Muda, yang turut mendampingi Kepala KPKNL Gorontalo menyampaikan keinginannya agar KPKNL Gorontalo dapat turut berpartisipasi dalam even-even UMKM yang digelar oleh KPW Bank Indonesia Gorontalo. “Agar dalam even-even tersebut kami bisa mengenalkan layanan KPKNL Gorontalo berupa pemasaran produk dengan secara online menggunakan lelang.go.id dalam mendukung pelaku UMKM di Gorontalo” harap Rachman

Iwan menyampaikan terima kasih kepada pihak KPW Bank Indonesia Gorontalo yang telah berbagi ilmu, sehingga bisa menambah wawasan dalam hal pengembangan UMKM. Iwan berharap agar koordinasi antara KPKNL Gorontalo dan KPW Bank Indonesia Gorontalo tetap terjalin sebagai bentuk sinergi untuk megembangkan UMKM di Provinsi Gorontalo.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Prov. Gorontalo
(0435) 823727
-
kpknlgorontalo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini