Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Gorontalo > Berita
Sosialiasi Budaya Anti Korupsi dan Penguatan Integritas di Lingkungan KPKNL Gorontalo
Yus Iriyanto Ilahude
Rabu, 31 Mei 2023   |   34 kali

Gorontalo – Dalam rangka memperkuat nilai-nilai integritas dan budaya anti korupsi di lingkungan KPKNL Gorontalo, pada Selasa (30/05) diselenggarakan kegiatan sosialisasi Budaya Anti Korupsi dan Penguatan Integritas bertempat di Aula KPKNL Gorontalo yang diikuti seluruh Pegawai ASN dan PPNPN di lingkungan KPKNL Gorontalo.

Kegiatan tersebut dibuka dengan arahan dari Kepala KPKNL Gorontalo, Iwan Darma Setiawan Dalam arahannya, Iwan Darma Setiawan menyampaikan terima kasih kepada tim dari Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI) yang berkenan untuk mengunjungi KPKNL Gorontalo untuk menyampaikan sosialisasi tentang penguatan integritas dan melakukan pembinaan. Pada kunjungan kali ini dari Tim dari Bidang KIHI Kanwil DJKN Suluttengomalut terdiri dari Kepala Seksi Kepatuhan Internal Evendi Antogia, Kepala Seksi Informasi Rene Cicero Aipassa, dan pelaksana Seksi Hukum Nyipto Raharjo.

“Kementerian Keuangan saat ini menjadi sorotan karena perilaku sebagian kecil dari pegawainya yang menonjolkan penghasilan dan kemewahan yang tidak sesuai etika kementerian keuangan pada media sosial. Perilaku tersebut berimbas kepada seluruh pegawai Kementerian Keuangan yang sebagian besar masih memegang teguh etika dan nilai-nilai integritas. Saat ini yang diperlukan adalah menanamkan karakter yang berintegritas, bukan hanya dalam pekerjaan di kantor, namun juga menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari guna meminimalisir sorotan masyarakat kepada institusi kita” demikian pesan Iwan dalam arahannya.

Tidak lupa beliau juga mengharapkan agar kelebihan rejeki yang kita terima sebagai pegawai Kementerian Keuangan bisa bermanfaat juga buat orang lain sebagai wujud tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rizki yang telah diberikan.

Pemateri kegiatan sosialisasi Budaya Anti Korupsi dan Penguatan Integritas disampaikan oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal Evendi Antogia. Dalam pemaparannya terkait penguatan nilai-nilai integritas, Evendi menyampaikan beberapa poin penting diantaranya tentang tindak lanjut Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022. “Hasil SPI DJKN Tahun 2022 menunjukkan bahwa Indek Penilaian Integritas DJKN Tahun 2022 sebesar 90,88 atau mengalami penurunan sebesar 2,27 poin dibandingkan tahun 2021. Hal ini terjadi karena masih terdapat beberapa isu integritas yang perlu mendapat perhatian di lingkungan kantor vertikal kanwil/KPKNL diantaranya isu terkait nepotisme dalam rekrutmen pegawai non ASN, adanya pegawai yang menggunakan fasilitas kantor, atau pegawai yang melakukan tindakan tidak sesuai aturan” jelas Evendi.

Dalam paparannya kembali, Evendi menyarankan agar KPKNL Gorontalo dapat memperbarui informasi terkait layanan agar para stakeholder bisa mengetahui secara cepat dan tepat bentuk dan layanan apa saja yang diberikan oleh KPKNL. Selain itu, Evendi juga menyampaikan materi tentang kode etik dan perilaku PNS terutama dalam menyongsong tahun politik pada 2024 nanti. Kegiatan sosialisasi tersebut berakhir pada pukul 11.00 WITA dan dilanjutkan dengan pembinaan secara khusus dari Bidang KIHI Kanwil DJKN Suluttenggomalut kepada Seksi Kepatuhan Internal dan Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Gorontalo.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Achmad Nadjamuddin Nomor 7, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Prov. Gorontalo
(0435) 823727
-
kpknlgorontalo@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini