Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Era digitalisasi Aset Negara
N/a
Senin, 15 Desember 2014   |   1595 kali

Dumai - Pada 09 -11 Desember 2014 KPKNL Dumai melaksanakan Sosialiasi Pengenalan Aplikasi SIMAN kepada satuan kerja di wilayah KPKNL Dumai. Sosialisasi berlangsung dalam dua tahap, tahap pertama dilaksananakan di Ruang Rapat KPKNL Dumai sedangkan tahap kedua dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis. Sosialisasi yang dilaksanakan di KPKNL Dumai dihadiri oleh 20 Satker dan dibuka oleh Kepala KPKNL Dumai, Amirudin.

Dalam sambutannya, Amirudin menyampaikan bahwa “aplikasi ini merupakan suatu pendukung dalam pengelolaan Barang Milik Negara yang lebih cepat dan efisien, hemat waktu serta biaya. Mengingat pengajuan pengelolaan BMN dilakukan secara digital maka dapat dilakukan dimanapun satker berada”. Pengenalan aplikasi SIMAN dan penjelasan materi terkait dengan manfaat dan kegunaan aplikasi SIMAN disampaikan oleh Kepala Seksi PKN,  Ady Ramon. Acara dilanjutkan dengan panduan dari Hisar Manurung (Staf Seksi PKN) dalam instalasasi dan registrasi aplikasi SIMAN yang dibantu juga oleh  Fadli Nur, Akhyar Gunawan dan David Pandapotan.

Pelaksanaan sosialisasi tahap II berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis. Acara ini terlaksana dengan baik atas kerjasama dari Kepala  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, dimana Kemenag Kab. Bengkalis bersedia memfasilitasi aula guna pelaksanaan acara sosialisasi ini. Kerjasama antara KPKNL Dumai dan Kemenag Kab. Bengkalis merupakan implementasi nyata dari Program Kerja Pemerintah yang mengutamakan  penggunaan fasilitas/BMN guna menghindarkan pemborosan.

KPKNL Dumai dapat berbangga hati mengingat Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, Bapak Lukman Effendi berkenan hadir dan membuka acara sosialisasi serta memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa kedepannya akan dilakukan perbaikan-perbaikan terkait pengelolaan BMN baik dari segi peraturan maupun program yang mendukung termasuk program Aplikasi Sistem informasi Managemen Aset Negara. Tata kelola aset Negara perlu mendapat perhatian khusus karena merupakan harta kekayaan Negara yang perlu dijaga dan dilindungi baik secara administrasi, fisik maupun legal.

Lukman juga menyampaikan bahwa satuan kerja yang mengikuti sosialisasi ini sangat beruntung karena materi berupa pengenalan dan penginstalan aplikasi SIMAN dipandu langsung oleh Tim Pusat DJKN yaitu  Fathur Berlianto (Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Sistem Aplikasi I Direktorat PKNSI DJKN) dan  Galih Damarjati (Staf pada Direktorat PKNSI DJKN). Keduanya merupakan para master yang terlibat langsung dalam pengembangan aplikasi ini sehingga para peserta dapat menanyakan secara langsung permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam pengoperasian aplikasi.

Ketika penyajian materi sosialisasi, Fathur Berlianto memberikan penjelasan tentang filosofi terbentuknya aplikasi SIMAN dan sekaligus memandu instalasi aplikasi dan registrasi user aplikasi SIMAN. Pelaksanaan instalasi pada awalnya agak terkendala dikarenakan koneksi jaringan internet yang buruk, keadaan ini sangat tertolong oleh tindakan cepat pihak Kantor Kemenag Kab. Bengkalis yang menghubungi pihak Telkom sehingga tidak beberapa lama kemudian koneksi internet kembali stabil dan instalasi serta registrasi user aplikasi SIMAN dapat berjalan lancar.

Setelah registrasi user disetujui oleh Admin KPKNL Dumai,  Fathur Berlianto memandu dan menjelaskan fitur-fitur yang ada pada Aplikasi SIMAN salah satunya adalah fitur Master Aset dimana dengan fitur tersebut satker dapat mendokumentasikan aset yang dimiliki dengan dilengkapi foto serta letak posisi aset terutama aset berupa tanah/bangunan. Untuk penjelasan mengenai kegunaan dari fitur Pengawasan dan Pengendalian dipandu oleh Galih Damarjati. Para Peserta Sosialisasi ini terlihat semangat dan antusias mengikuti acara dikarenakan pemasalahan-permasalahan yang ditemui pada saat instalasi dan regristrasi user pada aplikasi SIMAN dapat secara langsung diselesaikan oleh tim KPKNL Dumai (Akhyar Gunawan, Fadli Nur, dan David Pandapotan).

Acara sosialisasi ditutup oleh Kepala Kantor KPKNL Dumai dimana pada kesempatan tersebut beliau berharap agar para peserta dapat memanfaatkan aplikasi semaksimal mungkin guna mendukung tata kelola Barang Milik Negara yang tertib. Sebagai penutup Kepala KPKNL Dumai menyerahkan plakat cinderamata kepada Kepala Kantor Kemenag Agama Kab. Bengkalis dan TIM dari Kantor Pusat DJKN sebagai simbol ucapan rasa terima kasih atas segala bantuan yang diberikan sehingga Acara Sosialisasi Pengenalan Aplikasi SIMAN dapat berjalan dengan sukses. -Bravo DJKN!!!-
(Penulis: Fadli Nur, Fotografer: Muh. Irsyad Tattaqun dan Muh. Affid Diena)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Sultan Syarif Kasim No. 55, Kode Pos 28813
(0765) 439993
(0765) 439992
kpknldumai@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini