Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
KPKNL Dumai Goes to Campus Hadir di Universitas Dumai
Syarrah Khairunnisaa
Kamis, 21 September 2023   |   75 kali

Dumai – 20 September 2023, Dalam rangka memperkenalkan tugas dan fungsi KPKNL Dumai serta edukasi pengelolaan kekayaan negara, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai kembali mengadakan kegiatan Goes To Campus Tahun 2023 di Universitas Dumai. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Universitas Dumai yang dahulu merupakan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) – Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Dumai, Dr Muhardi S.kom, M.Kom, para civitas akademika Universitas Dumai serta 250 (dua ratus lima puluh) mahasiswa dari berbagai tingkat dan jurusan.

Acara dihadiri juga oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau, Wahyu Prihantoro, S.E., M.P. serta Pimpinan Kemenkeu Satu Wilayah Dumai dan yang mewakili, kemudian para pejabat pengawas, pejabat fungsional pelelang dan pegawai KPKNL Dumai.

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Rektor Universitas Dumai Dr Muhardi S.Kom, M.Kom. Muhardi mengapresiasi kegiatan KPKNL Dumai Goes To Campus 2023 yang diadakan di Kampus Universitas Dumai karena dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah ilmu. “Untuk Mahasiswa, kegiatan ini adalah suatu ajang untuk menambah ilmu. Karena tuntutan MBKM yaitu Kampus Merdeka, Merdeka Belajar. Mahasiswa saat ini dituntut untuk lebih aktif, selain di dalam kampus, juga dengan menuntut ilmu di luar kampus. Tujuan kita adalah untuk memajukan SDM Kota Dumai. SDM Dumai lah yang akan membangun Dumai kedepannya”

Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), Wahyu Prihantoro menyampaikan “Bahwa keilmuan atau akademisi bisa menjadi baik dan optimal apabila dipadukan dengan pengetahuan di lapangan, hal tersebut juga merupakan perbaduan antara akademisi dan praktisi.” Lanjutnya “Dengan hadirnya Kemenkeu Satu disini, tujuannya bukan cuma sharing, dan berbagi pengetahuan tetapi juga hadir nyata di tengah masyarakat.”

Acara menampilkan Video Profil dari Universitas Dumai serta sejarah berdirinya. Serta penayangan Video Profil KPKNL Dumai mencakup visi misi, sejarah berdirinya, tugas dan fungsi serta wilayah kerja KPKNL Dumai yang meliputi Kota Dumai, Kab. Bengkalis, Kab. Siak, Kab. Rokan Hilir dan Kab. Kepulauan Meranti.

Materi pertama tentang Pengelolaan Kekayaan Negara dibawakan oleh Dhyta Maya Anggraeny, Pelaksana Seksi Pengelola Kekayaan Negara yang menjelaskan tentang pengertian kekayaan negara, aset yang dikelola DJKN, persetujuan/penolakan pengelolaan kekayaan negara, penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) berupa Pembukuan, Inventarisasi dan Pelaporan, Pengawasan BMN Idle, serta Sertifikasi BMN.

Materi kedua terkait tugas dan fungsi penilaian, yang dipaparkan oleh Galang Pandu Satria, Penilai Pemerintah Ahli Pertama yang menjelaskan tentang pengertian penilaian, harga dan nilai, prinsip penilaian, objek penilaian, dan tujuan penilaian. Objek penilaian berupa Barang Milik Negara, Barang Rampasan Negara, Barang Milik Daerah serta BUMN dan BUMD.

Materi ketiga Piutang Negara disampaikan oleh Sari Banun, dimulai dengan nyanyian merdu tentang Piutang Negara. Dalam kesempatan ini, Sari menjelaskan tentang pengertian negara, Panitia Urusan Piutang Negara, Tugas dan Fungsi Seksi Piutang Negara, dan Mekanisme Pengurusan Piutang Negara. Contoh piutang negara berupa Kredit Usaha Tani, Kredit Usaha Hutan Rakyat (KUHR), Kredit Usaha Kecil Daerah Aliran Sungai (KUKDAS), Kredit Persuteraan Alam (KUPA); bersifat penerusan pinjaman melalui channeling (lembaga keuangan BPD dan Bank BUMN).

Untuk menambah semangat peserta dan menguji pemahaman, diadakan kuis berupa pertanyaan yang terkait dengan pemaparan materi dan pengetahuan umum. Peserta bersemangat menjawab pertanyaan yang disampaikan.

Materi keempat pelayanan lelang disampaikan oleh Pelelang Ahli Muda, Hasintongan Pardede. Sebelum masuk ke materi, dilakukan penayangan video UMKM. Kemudian dilanjutkan dengan lelang langsung melalui situs www.lelang.go.id  oleh Pejabat Lelang berupa produk-produk UMKM Kota Dumai yang telah telah ada permohonan lelang dengan dihadiri oleh penjual. Para pelaku usaha UMKM Kota Dumai juga turut serta dalam memeriahkan acara dengan membuka stall untuk produk-produk UMKM. Produk UMKM terdiri dari makanan, minuman, kerajinan tangan dan lainnya. Lelang produk UMKM dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap usaha UMKM Kota Dumai. Acara berlanjut ke materi mengenai lelang dengan menjelaskan tentang peran lelang, fungsi lelang, Asas-asas Lelang, Jenis Lelang, Penyelenggara Lelang, Objek Lelang, serta Penawaran Lelang.

Suasana berlanjut meriah ketika diadakan simulasi lelang secara konvensional. Simulasi lelang diikuti oleh semua peserta. Barang yang dilelang terdiri atas empat lot barang yaitu: dua buah sepatu dan dua buah jilbab. Antusiasme Peserta terlihat saat menawar harga barang yang dilelang. Masing-masing peserta telah dilengkapi dengan nomor urut dan dapat menawar dengan mengacungkan nomor tersebut setinggi-tingginya agar dapat melakukan penawaran barang yang dilelang. Semua objek lelang berhasil laku terjual diakhir Simulasi Lelang.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi terhadap enam orang peserta yang telah mem-follow instagram KPKNL Dumai dan membuat story di instagram yang di repost di instagram KPKNL Dumai. Sebagai penutup Parsan dan Rizky Eka Samudra selaku MC yang bertugas menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan peserta dalam rangkaian kegiatan KPKNL Dumai Goes to Campus 2023 berjalan tertib dan mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Universitas Dumai beserta jajarannya dan kepada  seluruh panitia kegiatan dari KPKNL Dumai. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Sultan Syarif Kasim No. 55, Kode Pos 28813
(0765) 439993
(0765) 439992
kpknldumai@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini