Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Denpasar > Berita
Sosialisasi dan Asistensi Pembangunan Zona Integritas KPKNL Denpasar menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani
Mayumi Ralisda Jawas
Jum'at, 17 Februari 2023   |   84 kali

Denpasar, 16 Februari 2023 –

 

KPKNL Denpasar menerima kunjungan kerja Sekretariat DJKN. Dalam kunjungan kerja ini, Tim Sekretariat DJKN yang terdiri dari Sena Mahesa Wicaksana, Akhyar Gunawan, Dienno Riza Ardianto dan Nissa Rawindadefi melaksanakan sosialisasi dan asistensi pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) pada KPKNL Denpasar serta sosialisasi Rencana Pemantauan Tahunan (RPT) DJKN Tahun 2023. Sosialisasi dilaksanakan pada Aula Bisma Gedung Kekayaan Negara I, Renon, Denpasar dan dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Denpasar.

 

Acara dibuka oleh sambutan Kepala KPKNL Denpasar, Untung Sudarwanto. Beliau menyambut hangat kedatangan Tim Sekretariat DJKN dalam mendukung pembangunan ZI di KPKNL Denpasar dan menyampaikan harapan agar KPKNL Denpasar sukses membangun ZI dan meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2023. Beliau menekankan pentingnya peran serta seluruh pegawai dalam pembangunan ZI antara lain penciptaan instrumen, SOP, dan peraturan yang dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi atau perbuatan tercela lainnya. 

 

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi RPT DJKN Tahun 2023 oleh Sena Mahesa Wicaksana. Disampaikan bahwa RPT DJKN 2023 telah ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor 592/KN/2022. RPT tersebut menjadi acuan bagi pelaksana pemantauan lingkungan DJKN dalam memantau pelaksanaan sistem pengendalian intern sesuai KMK nomor 477/KMK.09/2021 tentang Pemantauan Pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan. 

 

Pemantauan pengendalian intern bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi KPKNL Denpasar. Jenis-jenis pemantauan yang dilaksanakan antara lain Evaluasi Pengendalian Intern Tingkat Entitas (EPITE), Pemantauan Pengendalian Intern Tingkat Aktivitas (PPITA), Pemantauan Penerapan Kode Etik dan Kode Perilaku, Profiling dan Fraud Risk Scenario, serta Pemantauan lain yang bersifat inovasi atau diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan lainnya.

 

Selanjutnya, Akhyar Gunawan dan Dienno Riza Ardianto menyampaikan sosialisasi dan memberikan asistensi pembangunan ZI. Dalam sosialisasi pembangunan ZI dipaparkan kembali komponen-komponen pembangunan ZI sesuai dengan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) serta peran agen perubahan dalam penciptaan inovasi. Disampaikan juga kendala-kendala dalam pembangunan ZI dan usaha apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. 

 

Terpenuhinya komponen pengungkit pembangunan ZI sangat penting dalam memenuhi kriteria WBBM. Komponen itu terdiri dari manajemen perubahan, .penataan tatalaksana, penataan sistem manajeman sumber daya manusia (SDM), penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Untuk itu, peran serta aktif seluruh pegawai KPKNL Denpasar sangat penting. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, pegawai KPKNL Denpasar makin siap untuk mengantarkan KPKNL Denpasar menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Dr. Kusumaatmaja Gedung Keuangan Negara I Renon, Denpasar - 80235
(0361) 229151
(0361) 229151
kpknldenpasar@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini