Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Focus Group Discussion (FGD) Barang Milik Negara Bimas Islam di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur
Eva Nuryani
Kamis, 03 Agustus 2023   |   42 kali

Bontang (3/8), Semangat Mengelola BMN menjadi tema pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Barang Milik Negara yang diselenggarakan oleh Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan yang diadakan di Hotel Tiara Surya, Kota Bontang ini dihadiri oleh peserta dari berbagai Kementerian Agama Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 2 sampai dengan 4 Agustus 2023.

         Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bontang, Mawardi, berkesempatan menjadi narasumber pertama dengan membawakan materi tentang Inventarisasi Barang Milik Negara. Pada pembukaan pemaparannya Mawardi menyampaikan apresiasi atas semangat para penanggung jawab BMN pada Satker Kemenag dalam pengelolaan BMN. Selanjutnya Mawardi melakukan pemaparan yang antara lain menerangkan tentang  Mekanisme Perolehan dan Pelaporan Barang Milik Negara, Kewenangan dan Tanggung Jawab Pengelolaan BMN, Siklus Pengelolaan BMN, dan Inventarisasi BMN (latar belakang, prosedur, tindak lanjut hasil inventarisasi, dan pelaporan dalam SIMAN). Selain pemaparan materi, dilakukan diskusi yang menarik antara narasumber dengan peserta dalam rangka mencari solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi oleh peserta terkait pengelolaan BMN di level Pengguna Barang. 

       Pada kesempatan tersebut, Penanggung jawab BMN pada Kantor Wilayah Kementerian Agama, Hijrah, menyampaikan bahwa menjadi penanggung jawab BMN merupakan sebuah pengabdian yang memakan waktu cukup lama karena berkaitan dengan sejarah BMN yang dikelolanya, dimulai dari proses perencanaan sampai dengan penghapusan BMN tersebut sesuai dengan siklus pengelolaan BMN. 

            Pada hari kedua kegiatan tersebut, dilaksanakan asistensi atau pendampingan terhadap para penanggung jawab BMN Kementerian Agama Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) Tahun 2025. Pendampingan tersebut dilakukan secara kolaboratif oleh para pegawai pada Seksi PKN KPKNL Bontang  dan KPKNL Samarinda. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyamaan persepsi mengenai Standar Barang dan Standar Kebutuhan BMN sebagai senjata dalam penyusunan RKBMN). 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan M.H. Thamrin Nomor 43 Bontang
(0548) 3036453
(0548) 27817
kpknlbontang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini