Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Anugerah Reksa Bandha, Apresiasi kepada Satuan Kerja Kementerian/Lembaga Negara
Eva Nuryani
Senin, 03 April 2023   |   64 kali

Samarinda (30/3), Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur da Utara berkolaborasi dengan KPKNL yang berada di wilayah kerjanya menggelar kegiatan Anugerah Reksa Bandha Tahun 2022 bertempat di Aula Harmonis, Jalan Juanda 6 Kota Samarinda. Tujuan kegiatan Anugerah Reksa Bandha adalah  sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi, pencapaian dan kontribusi Satuan Kerja Kementerian/Lembaga Negara yang berada di wilayah kerja Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dalam pengelolaan kekayaan negara dan penyelenggaraan kegiatan lelang. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan dalam rangka memperingati 115 Tahun Lelang di Indonesia dengan Tema Insan Lelang Indonesia Menuju Pasar Lelang Dunia.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Timur dan Utara menyampaikan bahwa Anugerah Reksa Bandha merupakan penghargaan  yang diberikan kepada stakeholder sebagai bentuk apresiasi atas kerja  sama dan kolaborasi serta visi yang sama terkait dengan pengelolaan asset yang ada di wilayah kerja Kanwil DJKN Kaltimtara. Penghargaan dibagi ke dalam 5 bidang yaitu bidang penilaian, bidang lelang, bidang piutang negara, bidang informasi dan pengelolaan kekayaan negara. Terdapat 19 kategori yang diberikan penghargaan  baik dilingkup satker wilayah maupun di lingkup KPKNL. Penghargaan diberikan kepada 9 pemerintah daerah, 2 perbankan nasional  dan 37 satuan kerja. Penerima penghargaan tersebut merupakan stakeholder yang telah dipilih berdasarkan kriteria-kriteria dalam berbagai kategori.

Hadir secara virtual Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Bapak Rionald Silaban. Dalam pidatonya, Rio menyampaikan bahwa Anugerah Reksa Bandha merupakan suatu bentuk penghargaan dibidang pengelolaan kekayaan negara yang tidak hanya diberikan kepada Kementerian Lembaga namun juga kepada pemerintah daerah yang selama ini sudah bekerja sama melakukan pengelolaan kekayaan negara secara optimal. Melalui anugerah ini diharapkan dapat menyatukan  semangat baik Kementeran Lembaga selaku pengguna barang maupun DJKN selaku pengelola barang milik negara serta pemerintah daerah dalam pengelolaan barang milik daerah untuk terus berusaha sebaik-baiknya dalam mengelola asset negara. Salah satu tugas dan fungsi lain dari DJKN adalah pelaksanaan lelang. Tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemindahtanganan barang milik negara dan sumber penerimaan negara, peran  lelang dalam pemulihan ekonomi nasional juga tampak nyata melalui portal lelang.go.id yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk memasarkan barangnya melalui lelang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala KPKNL Bontang memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja Kementerian/Lembaga Negara dan Pemerintah Daerah di wilayah kerja KPKNL Bontang. Adapun Satker/Pemda yang diberikan penghargaan Anugerah Reksa Bandha adalah sebagai berikut:

1.     Lembaga Manajemen Aset Negara untuk kategori Kolaborasi Penilaian BMN Terbaik.

2.     Pemerintah Kota Bontang untuk kategori Kolaborasi Penilaian BMD Terbaik.

3.     Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang untuk kategori Penyerah Piutang Terbaik.

4.     KUPP Kelas II Tanjung Redeb untuk kategori Satker dengan Perolehan PNBP Pemanfaatan Aset Terbesar dan kategori Satker dengan Optimalisasi BMN Terbaik.

5.     Kepolisian Resor Kutai Timur untuk kategori Satker dengan Capaian Penyelesaian Sertifikat BMN Terbanyak.

6.     Kantor Pertanahan Kutai Timur untuk kategori Kantor Pertanahan Dengan Jumlah Penyelesaian Program Sertifikasi BMN Terbanyak.


Pemerintah Kota Bontang sebagai salah satu penerima penghargaan kategori kolaborasi penilaian BMD di wilayah kerja KPKNL Bontang, yang diwakili oleh Wakil Walikota Bontang Hj.Najirah, dalam wawancaranya dengan TVRI di Aula Harmonis, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bontang akan tetap menjaga aset negara dengan baik dan dipergunakan dengan baik agar dapat  dipertanggungjawabkan. Tantangan ke depan adalah bagaimana agar Pemkot Bontang bisa  mengelola asset negara secara professional efektif, efisiien  agar bisa meraih Kembali prestasi ini. Pemkot Bontang akan selalu bekerja sama dengan KPKNL Bontang dalam pengelolaan asset dan penyelesaian piutang negara/daerah. 

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan M.H. Thamrin Nomor 43 Bontang
(0548) 3036453
(0548) 27817
kpknlbontang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini