Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Sukseskan KEDAI Lelang UMKM 2023, KPKNL Bontang Gandeng UMKM di Tanjung Redeb dan Sangatta
Danny Walprido Pardosi
Selasa, 21 Maret 2023   |   78 kali

Tanjung Redeb - Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia merupakan salah satu cara dalam memulihkan perekonomian nasional pasca pandemi Covid-19. Hal ini mendasari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) kembali melaksanakan Kompetisi dan Inovasi (KEDAI) Lelang UMKM di seluruh unit vertikalnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut, Tim KEDAI Lelang UMKM Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bontang melakukan penggalian potensi lelang UMKM di wilayah Kabupaten Berau pada hari Kamis (16/3). Dalam kesempatan tersebut, tim bertemu dengan Rusmiati yang merupakan pemilik UMKM Minuman Herbal-Zenvin dan juga fasilitator Rumah BUMN Berau.

Dalam pertemuan tersebut, Tim KEDAI Lelang UMKM menyampaikan tujuan dan maksud kedatangannya. Diharapkan Tim KEDAI Lelang UMKM dapat membukan pasar baru bagi lelang UMKM melalui platform Lelang Indonesia. Disamping itu, Tim KEDAI Lelang UMKM juga berharap dapat memberikan asistensi (terkait ekspor, pemasaran, dan sistem pembayaran) kepada Rumah BUMN Berau dengan melakukan kolaborasi dan sinergi dengan Unit Vertikal pada Unit Eselon I Kementerian Keuangan lainnya. Hal ini dapat berdampak signifikan, mengingat beberapa produk UMKM pada Rumah BUMN Berau telah siap ekspor dan beberapa lainnya dalam tahap uji laboratorium untuk mendapatkan sertifikasi produk dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Rumah BUMN Berau menyambut baik maksud dan tujuan Tim KEDAI Lelang UMKM KPKNL Bontang dan menyetujui produk mereka dipasarkan melalui lelang sukarela produk UMKM. Kedepannya, Rumah BUMN Berau akan melakukan kurasi atas UMKM di bawah binaannya yang akan mengajukan permohonan lelang untuk meningkatkan potensi pemasaran produk UMKM melalui website lelang.go.id. Produk unggulan dari Rumah BUMN Berau antara lain meliputi coklat berau, kopi berau, jamu dan minuman herbal, olahan kacang, singkong, udang dan lain sebagainya.

Disisi lain, Tim KEDAI Lelang UMKM KPKNL Bontang juga melakukan penggalian potensi lelang UMKM di wilayah Kabupaten Kutai Timur, tepatnya di Sangatta pada hari Rabu (15/3). Adapun pelaku UMKM yang ditemui di Sangatta yakni Olsabara (Pusat Oleh-Oleh Sangatta). Olsabara (Pusat Oleh-Oleh Sangatta) merupakan wadah bagi para pelaku UMKM pada setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Timur untuk dapat memasarkan produk UMKM.

Fatra Hadi, pimpinan Olsabara (Pusat Oleh-Oleh Sangatta) juga menyatakan minatnya terhadap pemasaran produk UMKM melalui website lelang.go.id. Hal ini akan ditindaklanjuti dengan persiapan berkas pengajuan permohonan lelang yang akan diserahkan kepada KPKNL Bontang.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan M.H. Thamrin Nomor 43 Bontang
(0548) 3036453
(0548) 27817
kpknlbontang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini