Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Biak > Berita
Pelatihan Service Excellence KPKNL Biak
Ari Ma'ruf Faruqi
Rabu, 12 Juli 2023   |   24 kali

Biak (6/7) Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan KPKNL Biak serta untuk meningkatkan kapasitas dan ketrampilan para pejabat dan pegawai dalam memberikan pelayanan, KPKNL Biak mengadakan pelatihan service excellence / pelayanan prima yang dilaksanakan di aula KPKNL Biak dan diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Biak.

Dalam pelatihan service excellence kali ini KPKNL Biak bekerja sama dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Biak. Sarah selaku Branch Sales Manager PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Biak memberikan sharing session tentang bagaimana PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk memberikan pelayanan kepada para nasabahnya.

Sarah menyampaikan materi yang terbagi dalam empat pokok pembahasan yaitu customer experience, komunikasi yang baik, standar pelayanan, dan cara penanganan keluhan. Tidak hanya teori, namun Sarah bersama timnya yang terdiri dari Customer Service, Teller, dan Satpam mempraktekkan secara langsung bagaimana sebuah pelayanan diberikan.

Customer experience merupakan pengalaman yang dirasakan oleh pengguna layanan saat berinteraksi dengan pemberi layanan. Kita dapat menciptakan customer experince yang positif dengan 4P yaitu product, proses, people, dan place dimana people berperan sangat penting dalam menciptakan customer experince.

Komunikasi yang baik dipengaruhi oleh verbal dan non verbal dimana di dalam nya ada body movement, pemilihan kata, tone suara, visual, vocal dan verbal. Komunikasi dapat dikatakan sudah baik ketika pengguna layanan merasa puas dan mereveralkan/merekomendasikan layanan kepada orang terdekat atau sekitarnya.

Standar layanan yang baik tidak hanya berkaitan dengan penampilan dan kualitas layanan, tetapi juga sikap dan perhatian selama melayani. Kombinasi dari keterampilan, sikap, dan penampilan yang baik dapat membantu unit organisasi meningkatkan standar layanan dan memberikan pengalaman pelanggan yang baik dan memuaskan.

Yang tidak kalah penting dalam pelayanan adalah penanganan keluhan. Ketika pelanggan mengalami masalah atau kekecewaan, unit organisasi harus dapat memberikan solusi yang cepat dan efektif untuk mengatasi masalah tersebut sehingga pelanggan merasa dihargai dan puas.

Diharapkan dengan adanya pelatihan service excellence ini para pejabat dan pegawai KPKNL Biak dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat pada umumnya dan kepada para pengguna layanan KPKNL Biak pada khususnya.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Majapahit No. 1, Kel. Karang Mulia, Distrik Samofa, Kab. Biak Numfor, Prop. Papua
(0981) 26111
(0981) 26466
kpknlbiak@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini