Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bengkulu > Berita
Koordinasi Dukungan Perwakilan Kementerian Keuangan kepada Pemda dalam Mendorong Perekonomian dan Pengelolaan Fiskal Daerah
Lailatul Laraswati Mukharromah
Selasa, 24 Oktober 2023   |   45 kali

Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu, yang diwakili oleh Kanwil DJPB Bengkulu, KPP Bengkulu II, KPP BC Bengkulu dan KPKNL Bengkulu selama 3 hari mulai tanggal 18-20 Oktober 2023 melaksanakan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur. Kegiatan dimaksud bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara Kementerian Keuangan dengan Pemerintah Daerah yang pada akhirnya dapat mendorong kinerja perekonomian dan potensi fiskal daerah. Dalam paparan Kepala Kanwil DJPB Bengkulu, Bapak Bayu Andy, menyampaikan bahwa potensi fiskal daerah provinsi Bengkulu masih memiliki peluang untuk ditingkatkan. Hal ini didukung dengan potensi Indeks Pembangunan Manusia, potensi energi terbarukan berupa panas bumi, dan inklusi keuangan yang termasuk kategori tinggi di pulau Sumatera.

Dalam paparannya, Kepala Kanwil DJPB Bengkulu juga menyampaikan adanya peluang peningkatan pembangunan baik infrastruktur dan keuangan yang ditandai dengan meningkatnya Dana Alokasi Umum, Dana Bagi Hasil baik dari Perpajakan maupun Kelapa Sawit, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Insentif Fiskal maupun Dana Desa. Selanjutnya, Dalfin Ponco Nugroho, Kepala Seksi Piutang Negara selaku perwakilan KPKNL Bengkulu juga menyampaikan tentang tugas dan fungsi KPKNL dalam rangka menunjang pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah berupa pelayanan penilaian, pelayanan lelang, dan pelayanan Pengurusan Piutang Daerah.

Acara ditutup dengan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding antara Perwakilan Kementerian Keuangan yang diwakili oleh Kepala Kanwil DJPB Bengkulu dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur. Tindak lanjut dari Nota Kesepahaman tersebut selanjutnya akan ditingkatkan dengan koordinasi dan pelaksanaan kerja sama yang lebih fokus antara Pemerintah Daerah dengan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. (DP)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jalan Museum No. 2, Jembatan Kecil, Singaran Pati, Kota Bengkulu - 38225 Kotak Pos 1005
(0736) 23085
(0736) 23112
kpknlbengkulu@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini