Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi
Asnul
Selasa, 13 Juli 2021   |   165 kali

Bekasi - Inovasi Galang Semangat Pagi (GSP) yang merupakan sebuah kegiatan ajang berkumpul dan berbagi informasi yang dilaksanakan secara rutin tiga kali dalam seminggu (pada masa pandemi) oleh jajaran Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi selalu menyuguhkan informasi-informasi menarik dan bermanfaat. Salah satunya ialah tentang bagaimana menjaga kesehatan mental pada masa pandemi, yang disampaikan oleh Kepala Seksi Hukum dan Informasi (Seksi HI) Mukimin pada GSP hari Kamis 8/07, yang diikuti oleh seluruh jajaran KPKNL Bekasi.

Bertindak sebagai narasumber pada GSP tersebut ialah Kepala Seksi HI Mukimin yang menyampaikan bahwa wabah infeksi virus Covid-19 saat ini semakin meluas dan telah menjangkit di beberapa negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien    positif Covid-19 bertambah dengan cepat. Hal ini dapat menimbulkan rasa takut dan panik. Apalagi anjuran untuk diam di rumah saja yang mana sedikit banyak menimbulkan jarak secara emosional antara keluarga, sahabat, rekan kerja, dan teman yang dapat saling memberi dukungan.

Mukimin menyampaikan bagi sebagian orang, hal ini dirasakan sebagai suatu tekanan atau beban yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan mental, terutama bagi mereka yang terpapar virus tersebut yang harus menjalani isolasi sendiri di sebuah ruangan. Sepi, sakit, dan cemas dirasakan di tengah informasi yang simpang siur. Mukimin menyampaikan beberapa tips dalam menjaga mental dalam situasi pandemi ini, khususnya bagi yang sedang melaksanakan WFH ataupun yang terpapar virus Covid-19, antara lain:

1.    Melakukan aktifitas rutin, olah raga ringan setiap pagi dan berjemur;

2.    Mengonsumsi makanan yang bergizi;

3.    Membuat rutinitas sendiri, seperti membaca buku, memulai menulis, termasuk menulis pengalaman ketika menjalani isolasi atau WFH.

4.    Lebih bijak memilah informasi, batasi waktu menonton televisi, membaca,atau mendengar berita mengenai pandemi, baik dari televisi, media cetak, maupun media sosial untuk mengurangi rasa cemas, namun tidak menutup diri sepenuhnya dari informasi yang penting. Pilah informasi dengan bijak dari sumber yang terpercaya

5.    Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat. menceritakan keadaan diri sendiri kepada keluarga atau sahabat, baik melalui pesan singkat Whatsapp, telepon, atau video call sehingga dapat mengurangi beban pikiran, tekanan, dan juga mampu memberikan motivasi dan spirit yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

 

Di akhir acara, Mukiimin mengatakan bahwa pada intinya dimasa pandemi ini semua orang harus memiliki pikiran positif, dan selalu menjaga imun tubuh serta taat pada protokol kesehatan. Jangan pernah lelah dan lengah agar terhindar dari virus dan bakteri. Harapannya agar seluruh jajaran KPKNL Bekasi khususnya dan DJKN pada umumnya terhindar dari penularan virus tersebut.

 

 

 

Teks, editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini