Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Kakanwil DJKN Jawa Barat Lantik Juru Sita KPKNL Bekasi
Asnul
Jum'at, 02 Oktober 2020   |   175 kali

Bekasi - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Barat (Kakanwil DJKN Jabar) Tavianto Noegroho melantik dan mengambil sumpah jabatan Juru Sita Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi secara daring dengan aplikasi Zoom Cloud Meetings pada hari Kamis, 1 Oktober 2020 pukul 08.30 WIB. Pegawai KPKNL Bekasi yang diambil sumpah dan dilantik menjadi Juru Sita tersebut adalah Ismael Internasional Tarigan.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Juru Sita tersebut didahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Juru Sita.  Sebagai inti dari acara tersebut adalah pelaksanaan pelantikan dan pengucapan sumpah oleh Kakanwil DJKN Jawa Barat yang diikuti oleh Juru Sita yang akan dilantik.

Ismael Internasional Tarigan yang biasa dipanggil Bang Mael tersebut mengucapkan sumpahnya didampingi oleh rohaniawan Katolik. Setelah pengambilan sumpah, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah yang disaksikan oleh dua orang saksi, yaitu Kepala Kantor KPKNL Bekasi dan Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Bekasi.

Pada sambutannya, Kakanwil DJKN Jabar menyampaikan ucapan selamat kepada Juru Sita yang baru dilantik. Tavianto juga menyampaikan syukur karena telah melaksanakan momentum yang sangat penting ini. Tavianto berujar bahwa piutang negara diharapkan dapat memakai paradigma baru, yakni tanpa eksekusi namun dapat dilaksanakan upaya penyelesaian.

Tavianto berpesan kepada Juru Sita yang baru diambil sumpah agar selalu menjaga momentum ini dan dapat mengupayakan proses pengurusan piutang negara yang efektif, serta dapat menjalankan peran sebagai Juru Sita dengan bekerja maksimal dan tetap menjaga integritas. Tavianto menambahkan agar Ismael Tarigan selain fokus melaksanakan perannya sebagai Juru Sita dan pengurusan piutang Negara, agar tetap mempelajari tugas dan fungsi DJKN yang lainnya, seperti penilaian, pengelolaan BMN, dan lelang. Di akhir sambutannya, Tavianto menyelipkan pesan kepada semua jajaran KPKNL Bekasi agar tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Ismael Internasional Tarigan menyampaikan puji syukur kepada Tuhan YME karena proses pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dapat berjalan dengan lancar. Ismael juga berterima kasih atas support yang telah diterimanya dan mengatakan akan selalu menjaga integritas dalam menjalankan perannya sebagai Juru Sita Piutang Negara yang baik, jujur, dan menegakkan hukum dan keadilan.

Hamim Mustofa berharap dengan pelantikan Juru Sita ini dapat mempercepat proses pengurusan piutang negara yang dikelola oleh KPKNL Bekasi, karena hanya Juru Sita Piutang Negara-lah yang mempunyai kewenangan dalam melaksanakan eksekusi produk hukum yang dihasilkan oleh Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN). Hamim menambahkan harapannya ke depannya agar DJKN selaku PUPN mempunyai peran pengelolaan piutang negara dalam perekonomian Indonesia melalui pengendalian dan penyelesaian piutang negara macet pada instansi pemerintah.

Kepala Seksi Piutang Negara Elly Susila juga mengucap syukur atas pelantikan Juru Sita yang baru pada KPKNL Bekasi. Elly, demikian wanita berkacamata ini disapa, berharap dengan adanya Juru Sita di Seksi Piutang Negara kiranya pekerjaan pengurusan piutang negara dalam hal ini yang dilakukan oleh Juru Sita dapat lebih maksimal, mengingat selama ini peran Juru Sita dilaksanakan oleh Teguh Kuncoro yang berasal dari Seksi Hukum dan Informasi. Selain sebagai “pengacara” kantor yang berkecimpung dalam urusan penangananan perkara, Teguh Kuncoro juga merupakan pengelola administrasi media sosial KPKNL Bekasi.

 

 

Teks, editor dan foto : Tim Humas KPKNL Bekasi

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini