Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Usung Tema Penyusunan RKBMN, KPKNL Bekasi Kembali Gelar Webinar Seri Pengelolaan BMN
Asnul
Kamis, 06 Agustus 2020   |   377 kali

Rabu, 05 Agustus 2020, kembali diselenggarakan webinar seri pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi bersama satuan kerja (satker) mitra KPKNL Bekasi. Dengan mengusung tema “Peran dan Tanggung Jawab Pengguna Barang/Kuasa Pengguna Barang Dalam Penyusunan Rencana Kerja Barang Milik Negara (RKBMN)” webinar yang digelar secara virtual yang diikuti oleh 80 orang participant ini mengundang narasumber dari Direktorat BMN Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Kepala KPKNL Bekasi, Hamim Mustofa dalam sambutannya di awal acara menyampaikan bahwa tema webinar RKBMN mengakomodir usulan dan aspirasi satker dan memang relevan dengan perencanaan kebutuhan BMN tahun 2022 yang akan mulai dilakukan penyusunannya sebentar lagi. “RKBMN dimaksudkan sebagai proses evaluasi hubungan antara kebutuhan BMN sesuai program dan kegiatan Kementerian/Lembaga (K/L) dengan ketersediaan BMN yang berpedoman pada Rencana Strategis K/L dan Standar Barang dan Standar Kebutuhan” ungkap Hamim.

Narasumber dari Direktorat BMN DJKN Ahmad Al Hakim selama kurang lebih 60 menit mempresentasikan RKBMN  mulai dari bahwa RKBMN merupakan bagian dari siklus pengelolaan BMN, dasar hukum dan ketentuan pelaksanaannya, prinsip umum penyusunan RKBMN, kelengkapan dokumen dan batas waktu penyampaian, kewenangan dan tanggung jawab dari sisi pengelola barang dan pengguna barang, pengecualian dan sanksi hingga petunjuk teknis persiapan penyusunan RKBMN 2022 serta alur kegiatan RKBMN pada aplikasi SIMAN.

Seperti webinar sebelumnya sesi diskusi pada webinar inipun mendapat  pertanyaan-pertanyaan dari satker,  perwakilan  satker sangat antusias mengajukan pertanyaan terkait RKBMN. Mulai dari pertanyaan tentang penegasan BMN yang menjadi objek RKBMN hingga cara menghitung Standar Barang dan Standar Kebutuhan (SBSK) sebagai dasar pengajuan RKBMN. Durasi acara yang berlangsung selama 2 jam 45 menit pun dirasa masih kurang oleh satker. Ini terungkap dari hasil evaluasi melalui kuesioner yang dibagikan di akhir acara.

Di penghujung acara sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi peserta webinar diadakan pengundian doorprize. Melalui aplikasi Wheel of Names, dan diperoleh 3 peserta yang memenangkan undian, antara lain dari satker BRSLU Budhi Darma (a.n Mugiono), satker Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Pakan (a.n Hardi) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bekasi (a.n Sarbini).

 Sebagai closing statement, narasumber menyampaikan apresiasi Kepada KPKNL Bekasi atas pelaksanaan webinar bertema RKBMN ini. “Ini unik, biasanya kami di kantor pusat DJKN yang mengadakan acara RKBMN dengan mengundang K/L, tapi ini diselenggarakan oleh KPKNL Bekasi dengan mengundang satker, sangat baik sekali”. demikian Hakim mengutarakan apresiasinya.  Dan Hakim juga meminta kepada seluruh peserta Webinar untuk mendukung dan mendoakan  KPKNL Bekasi mendapat predikat WBBM.

Hamim Mustofa dalam closing statementnya, menyampaikan saat ini satker hendaknya sudah mulai mempersiapkan detail-detail yang dibutuhkan dalam penyusunan RKBMN tahun anggaran 2022 dan KPKNL Bekasi siap mendampingi dalam proses penyusunannya. Selain itu, Hamim juga mengucapkan terima kasih kepada Narasumber dan seluruh perwakilan dari Satker yang telah turut serta dalam Webinar ini.

 

Penulis dan Foto : Tim Humas dan Tim PKN KPKNL Bekasi

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini