Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
KPKNL Bekasi Sukses Lelang Kotak dan Bilik Suara Bekas Pemilu KPU Kota Bekasi
Asnul
Jum'at, 22 Mei 2020   |   439 kali

Bekasi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi kembali mengulurkan jalinan kerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi untuk melaksanakan lelang Barang Milik Negara (BMN) berupa kotak dan bilik suara berbahan aluminium bekas pelaksanaan Pemilu pada tahun 2004 dan 2009. Lelang yang dilaksanakan pada hari Selasa (19/05) pukul 10.00 WIB waktu server itu diminati oleh beberapa orang yang telah menyetorkan uang jaminannya. Budi sebagai Pelelang yang bertugas mengatakan bahwa para peminat lelang yang berjumlah 4 (empat) orang itu melaksanakan penawaran dengan sengit, sehingga lelang berjalan sukses dengan objek lelang laku terjual.

Permohonan lelang yang secara online diajukan oleh KPU Kota Bekasi langsung direspons oleh KPKNL Bekasi dengan dikeluarkannya surat Penetapan Lelang. Lelang kemudian dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan melalui lelang internet (clossed bidding) tanpa kehadiran penjual, sesuai dengan Peraturan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Nomor-3/KN/2020 tentang Panduan Pemberian Layanan Lelang pada KPKNL Saat Keadaan Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Lelang yang dilaksanakan melalui video conference menggunakan Aplikasi Zoom Cloud Meetings dibuka tepat pukul 10.00 WIB, dengan Pelelang bertindak selaku host dan diikuti oleh penjual dan saksi-saksi.

Sufyan Hariyanto selaku perwakilan pihak penjual dari KPU Kota Bekasi menyatakan apresiasi kepada KPKNL Bekasi yang telah sukses melaksanakan lelang BMN properti bekas pelaksanaan Pemilu. Sufyan berharap sinergi yang terjalin dapat terus berjalan lancar. Pelaksanaan lelang BMN bekas pelaksanaan Pemilu ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan oleh KPKNL Bekasi, sebagaimana diketahui bahwa terdahulu KPU Kabupaten Bekasi juga telah menjalin sinergi untuk pelaksanaan lelang (*baca berita Sinergi KPU dan KPKNL Bekasi melelang BMN Eks-Pemilu, yang tayang pada tanggl 10/02/2020).

Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Bekasi Supiyanta mengucapkan syukur atas kesuksesan laku terjualnya lelang kali ini, mengingat capaian kinerja Seksi Pelayanan Lelang sampai dengan saat ini masih belum memenuhi target yang telah ditentukan, sehubungan dengan kondisi saat ini yang masih belum kondusif sebagai dampak dari pandemi. Maka, dengan pelaksanaan lelang ini secara langsung dapat memberikan sumbangan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan produktivitas lelang pada bulan ini.

Kepala KPKNL Bekasi Hamim Mustofa pada acara Rabu Cendikia juga memberikan tanggapannya. Dirinya berharap agar Seksi Pelayanan Lelang lebih meningkatkan sinergi dengan Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara untuk menggali potensi lelang yang berasal dari penjualan BMN, selain untuk mendongkrak capaian kinerja Seksi Pelayanan Lelang dan kinerja Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, juga untuk menyelesaikan BMN pada satker-satker yang sudah tidak digunakan lagi untuk operasional.

 

Teks dan Foto: Tim Berita Seksi HI

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini