Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Menuju Kantor berpredikat WBBM, KPKNL Bekasi Diasistensi Biro Organta
Asnul
Kamis, 04 Juli 2019   |   173 kali

Bekasi – Setelah sukses melalui proses tahap demi tahap menghadapi penilaian dari berbagai unsur dalam pembangunan Zona Integritas hingga tercapailah predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk KPKNL Bekasi. Predikat tersebut dianugerahkan ke KPKNL Bekasi dalam bentuk Piala dan Piagam Penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Kemen PAN RB) pada tahun 2018. Dengan semangat sebagai unit kerja berpredikat WBK, maka pada tahun 2019 ini KPKNL Bekasi ingin memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sebagai langkah awal yang dilaksanakan dalam program penilaian WBBM, Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan didampingi oleh Bagian Organisasi Kepatuhan Internal (Bagian OKI) Sekretariat DJKN mengadakan kunjungan kerja Ke KPKNL Bekasi. Kunjung  Unit Kerja dalam Penilaian Zona Integritas Menuju WBBM 2019.

Acara tersebut dilaksanakan pukul 10.00 WIB pada hari Senin tanggal 24 Juni 2019 bertempat di ruang rapat lantai 1 KPKNL Bekasi. Acara diawali dengan sambutan dari Kepala KPKNL Bekasi, Hamim Mustofa.  Hamim yang baru memulai kerjanya sebagai Kepala KPKNL Bekasi sangat berterima kasih kepada tim dari Biro Organta dan Bagian OKI serta berharap kepada Tim Asistensi untuk memberikan trik dan tips sebanyak-banyaknya kepada KPKNL Bekasi dalam proses menghadapi penilaian.

Ratna Mukadimah, Kepala Seksi Kepatuhan Internal sekaligus koordinator Tim WBK/WBBM KPKNL Bekasi, memaparkan persiapan-persiapan yang dilakukan serta inovasi-inovasi yang telah dibuat. Persiapan dan inovasi tersebut ditujukan untuk peningkatan pelayanan kepada para pemangku kepentingan (stakeholder). Ratna juga menyampaikan bahwa sejak berhasil memperoleh predikat WBK, KPKNL Bekasi sudah berbagi success story kepada beberapa KPKNL serta Pemda Kota Bekasi yang berkunjung untuk studi banding. Ratna Mukadimah dan tim telah memberikan hal seputar pencapaian WBK kepada mereka dengan memaparkan hal-hal yang telah dilaksanakan selama proses penilaian. Untuk saat perubahan-perubahan baik terkait inovasi ataupun kegiatan lainnya, KPKNL Bekasi masih menunggu arahan dari Biro Organta dan Bagian OKI yang akan disesuiakan dengan kriteria penilaian yang ditetapkan oleh Kemen PAN RB untuk penilaian WBBM.

Noviana Prasetyo Nugraheni, Nara sumber dari Tim Asistensi dari Biro Organta dalam pengarahannya menyampaikan bahwa pembangunan Zona Integritas menuju WBBM hampir sama prosesnya dengan dalam penilaian WBK. Terdapat lima tahapan yaitu Pencanangan yang meliputi Penandatanganan Pakta Integritas dan Pernyataan Komitmen,  Pembangunan Zona Integritas (ZI) yang meliputi Penetapan Unit Kerja dan pembangunan serta melakukan monev atas pembangunan tersebut. Selanjutnya Pengusulan ZI yang setelah Penilaian oleh Tim Penilai Internal Kemenkeu dan pengajuan usulan Ke Kemen PAN RB. Review dilaksanakan oleh Tim Penilai Nasional (TPN) melalui pelaksanaan Penilaian Nasional dan survei oleh BPS, serta Penetapan WBK/WBBM oleh panel TPN Kemen PAN RB bersama KPK dan Ombudsman dengan penetapan bersama.  Karena KPKNL Bekasi telah menjalani semua tahapan khususnya untuk WBK maka hal yang perlu dilaksanakan oleh KPKNL Bekasi adalah mempertahankan pencapaian tersebut dan meningkatkan serta membuat terobosan dan inovasi baru untuk memperoleh nilai sesuai dengan standar TPN.

Selain hal tersebut diatas, Novi juga menerangkan langkah-langkah strategis penilaian, kerangka penilaian, sampai dengan proses penetapan oleh Kemen PAN RB. Pada kesempatan itu Novi bersama timnya juga membahas nilai-nilai yang telah dicapai KPKNL Bekasi pada penilaian WBBM. Novi menilai masih terdapat nilai yang perlu ditingkatkan walaupun secara umum inovasi-inovasi yang dilakukan oleh KPKNL Bekasi sudah bagus. Terdapat kriteria yang belum terpenuhi secara maksimal menurut Tim Penilai, sehingga diperlukan adanya peningkatan terutama pelayanan dan sinergi dengan pihak eksternal.

 

Tim berita HI &editor Tim WBBM

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini