KPKNL Bekasi
Berita DJKN

KPKNL Mamuju dan KPKNL Palopo Studi Banding ZI WBK ke KPKNL Bekasi

Jum'at, 15 Maret 2019   |   179 kali

Bekasi – Pada tahun 2018 Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi telah melalui proses penilaian tersebut dan dinyatakan berhasil meraih predikat WBK dari Menteri PAN-RB. Proses memperoleh predikat WBK bagi KPKNL Bekasi tersebut bukanlah hal yang mudah tapi dengan semangat seluruh pegawai dan didukung oleh komitmen dan kerja keras, akhirnya predikat WBK pun berhasil diraih. Kesuksesan meraih WBK menjadikan seluruh jajaran KPKNL Bekasi bangga dan memotivasi tiap pegawai untuk terus menjaga integritas.  Kebanggaan tersebut bukan hanya milik KPKNL Bekasi saja, tetapi juga Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, bahkan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata juga turut bangga dan memberikan apresiasi. Selain itu Isa, juga menghimbau agar KPKNL Bekasi membantu dan berbagi success story serta menjadi role mode bagi KPKNL lain yang ikut penilaian kantor pada waktu berikutnya.

Sejak dicanangkannya KPKNL Bekasi sebagai unit kerja berpredikat WBK tersebut, terdapat beberapa KPKNL lain yang melaksanakan studi banding di KPKNL Bekasi.  KPKNL tersebut antara lain KPKNL Metro, KPKNL Biak, dan yang terbaru adalah KPKNL Mamuju dan KPKNL Palopo.  Kedua KPKNL terakhir disebutkan berada di wilayah Kerja Kantor Wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat. Diwakili oleh Kepala Kantornya, KPKNL Mamuju dan KPKNL Palopo melaksanakan studi banding di KPKNL Bekasi (01/03/2019).

Kepala KPKNL Mamuju, Mahadi dan Kepala KPKNL Palopo, Bula, didampingi Kepala Subbagian Umum dan pelaksana pada Kepatuhan Internal KPKNL Palopo dan KPKNL Mamuju. Selain itu turut hadir Kepala Seksi  Kepatuhan Internal  Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat. Mereka berharap kunjungan ini dapat mengadopsi kiat-kiat yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Bekasi  untuk dapat meraih predikat Wilayah  Bebas dari Korupsi dari Kementerian PAN-RB.

Partolo menyampaikan perlunya dukungan dari seluruh jajaran KPKNL yang berkomitmen dan senantiasa memahami dan mengamalkan nilai-nilai Kementerian Keuangan serta meningkatkan pelayanan yang optimal kepada pemangku kepentingan. Sinergi dengan stakeholder harus dibina dengan baik dan maksimal. Menurut Partolo,  hasil penilaian dari stakeholder cukup besar berpengaruh terhadap penilaian Kemenpan-RB. Pelaksanaan penilaian atas stakeholder dipilih secara acak dengan teknis wawancara langsung oleh Tim Penilai.

Partolo menyampaikan beberapa cara jitu yang dilaksanakan untuk membangkitkan komitmen, menanamkan dan mengingatkan nilai-nilai Kementerian Keuangan dan budaya Kementerian Keuangan. Hal tersebut mendukung peningkatan pelayanan, penyampaian arahan-arahan serta menggali potensi dari seluruh jajaran di KPKNL Bekasi adalah dengan rutinitas Galang Semangat Pagi yakni berupa pertemuan singkat di pagi hari sebelum jam pelayanan dimulai. Kegiatan tersebut dimulai dengan sirene pukul 07.45 WIB setiap pagi dari hari Senin sampai Kamis guna menghimpun seluruh pegawai KPKNL Bekasi untuk sharing session singkat di ruang pelayanan utama. “Kegiatan itu menjadi momen yang tepat untuk membicarakan berbagai hal yang bermanfaat”, ujar Partolo.

Sesi terakhir dari studi banding tersebut adalah melihat langsung objek dokumen pengungkit serta peninjauan sarana dan prasana KPKNL Bekasi. Pada kesempatan tersebut Kepala Sub bagian Umum KPKNL Palopo, Ahmad Indra Gunawan, yang juga merupakan mantan pegawai KPKNL Bekasi mengatakan bahwa perubahan yang dilaksanakan KPKNL Bekasi benar-benar terlihat nyata. “Perubahan KPKNL Bekasi tidak hanya pada sarana dan prasana fisik kantor, tetapi juga dari kinerja para pegawai jajaran KPKNL Bekasi,” kata Ahmad. Menutup kegiatan studi banding ini, Kepala KPKNL Mamuju dan KPKNL Palopo mengucapkan terimakasih kepada Partolo beserta jajaran serta berharap dapat menyusul KPKNL Bekasi dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi. (Naskah dan Foto : tim berita , Seksi HI KPKNL Bks)

 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknl_bekasi@yahoo.co.id