Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Batam > Berita
KPKNL Batam Setujui Hibah Dermaga Ponton
N/a
Kamis, 02 Februari 2017   |   620 kali

Batam – Peran Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam dalam membangun negeri tidak hanya sebatas mengumpulkan penerimaan Negara namun juga dalam pemberian persetujuan hibah dan pemusnahan Barang Milik Negara (BMN)  Eks. Tegahan Bea dan Cukai sesuai dengan tata cara dan prosedur yang berlaku.

Tercatat selama 3 (tiga) tahun terakhir 2014-2016, KPKNL Batam telah memberikan persetujuan hibah BMN Eks. Tegahan Bea dan Cukai senilai 3,76 Milyar baik kepada Pemerintah Daerah maupun Masyarakat sekitar di Kepulauan Riau dan pemusnahan senilai 6,98 Milyar.

Hibah dan pemusnahan  yang dilaksanakan pada Selasa (31/1/2017) di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (Kanwil DJBC) Khusus Kepri kali ini adalah  yang kedua selama 2017. Hibah berupa dermaga ponton diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun dan 376 paket makanan kepada 7 yayasan panti social dengan total keseluruhan nilai 128 juta.

Kegiatan ini sekaligus sebagai rangkaian peringatan Hari Pabean Internasional yang ke-65. Kepala Kanwil Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau dalam hal ini diwakili oleh Winarko Dian Subagyo, Kabid Penyidikan dan Barang Hasil Penindakan memberikan apresiasi kepada KPKNL Batam karena telah memberikan layanan yang sangat cepat sehingga kegiatan hibah dan pemusnahan bisa segera dilaksanakan.

“Barang yang dihibahkan ini merupakan barang yang cepat rusak sehingga prosesnya harus cepat, sehingga saya menyampaikan terima kasih kepada KPKNL Batam”, ujar Winarko.

Winarko menambahkan Hibah kali ini sangat berbeda dari sebelumnya karena Dermaga Ponton yang dihibahkan kepada Pemkab Karimun sengaja dirakit oleh jajaran Kanwil DJBC Khusus Kepri yang bahannya terbuat dari 140 batang kayu log dan 50 buah drum BMN hasil penindakan.

Dengan dirakitnya BMN tersebut menjadi dermaga apung lebih memberikan rmanfaat bagi kebutuhan transportasi masyarakat di Desa Parit dan tak lama lagi Kanwil DJBC Kepri juga akan menghibahkan kapal pompon sebagai sarana angkutannya, tambah Winarko.

Sementara itu, Sekda Karimun, Firmansyah, mengapresiasi DJBC Kanwil Khusus Kepri dan KPKNL Batam, karena sudah sering kali memberikan hibah baik kepada Pemerintah Daerah maupun kepada masyarakat melalui lembaga-lembaga sosial yang ada. Hal ini tentunya sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dan ekonomi rakyat.

Selain penyerahan hibah, dilaksanakan juga pemusnahan berupa 2.014 karung @ 9 Kg bawang merah dan 79 karton buah-buahan karena tidak layak konsumsi, sehingga dilakukan pemusnahan barang bukti dengan ditimbun dengan tanah dengan nilai sekitar 100 juta.

Kegiatan hibah dan pemusnahan ini disaksikan langsung Sekretaris Daerah Karimun, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun, Perwakilan kpknl Batam, Lanal Karimun, Kodim, Lanud, Polres Karimun, Kejari Karimun, KSOP, Stasiun Karantina Pertanian Karimun, dan Kepala Desa Parit. (Tim Humas HI KPKNL Batam).

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Engku Putri (depan Gedung Pusat Informasi Haji) Batam Center - Batam 29444
(0778) 469825
(0778) 469810
kpknlbatam@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini