Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banda Aceh > Berita
Dialog Kinerja Organisasi Triwulan II Tahun 2023 KPKNL Banda Aceh Peroleh NKO 111,11 Persen
Siti Robi`ah
Senin, 10 Juli 2023   |   36 kali

Banda Aceh – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh menggelar Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan II Tahun 2023 pada Jumat, (07/07). Agenda yang dilaksanakan secara tatap muka di ruang rapat KPKNL ini dihadiri oleh Kepala Kantor, para Pejabat Pengawas, para Pejabat Fungsional, dan para pelaksana.

 

Pelaksanaan DKO sendiri dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 590/KMK.01/2016 tentang Pedoman Dialog Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan. Pada kesempatan DKO Triwulan II ini dilakukan pemaparan dan diskusi terkait capaian Indeks Kinerja Utama (IKU) Triwulan I tahun 2023, Mitigasi Risiko Triwulan II Tahun 2023, dan Rencana Aksi dari masing-masing seksi, subbagian, dan kelompok jabatan fungsional.

 

DKO dipimpin dan dibuka oleh Istina Setya Lestari selaku Kepala Kantor. Pembahasan diawali dengan pemaparan Capaian Kinerja yang disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Riyanieta Setiya Putri. “Berdasarkan Peta Strategi KPKNL Banda Aceh, tahun ini terdapat 9 (sembilan) Sasaran Strategi KPKNL Banda Aceh”, papar Riyanieta mengawali presentasinya. Sembilan Sasaran Strategi tersebut dirinci menjadi 20 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang harus diselesaikan. Lebih lanjut, Riyanieta menyampaikan bahwa sampai saat ini Capaian Kinerja KPKNL Banda Aceh mencapai 70 persen hijau (red-mencapai target periode). Kendati demikian, seluruh punggawa KPKNL Banda Aceh telah berupaya dan bersinergi secara maksimal untuk mencapai target selama periode Triwulan II di tahun 2023, ditandai dengan tercapainya sebagian besar target Triwulan II dengan NKO sebesar 111,11 persen.

 

Dari pembahasan tersebut, kemudian setiap Kepala Seksi/Subbagian, dan Kelompok Pejabat Fungsional memberikan feedback (red-umpan balik) terkait isu utama, tindakan yang telah dilaksanakan, akar masalah, rekomendasi rencana aksi, PIC (red-person in charge/penanggung jawab), dan periode pelaksanaan. Istina selaku “pemilik” peta strategis juga memberikan masukan terkait rekomendasi rencana aksi dimaksud.

 

Selain itu dibahas pula oleh Rudi Radiansyah, pelaksana Seksi Kepatuhan Internal, mengenai mitigasi risiko dan realisasi rencana aksi yang telah disusun Triwulan I lalu oleh setiap seksi, subbagian, dan kelompok jabatan fungsional. Secara umum, risiko pada KPKNL Banda Aceh adalah Sangat Rendah dan Rendah.


Keberlangsungan DKO sangat penting dalam mengawal visi dan misi organisasi. DKO bukan sekadar membahas capaian IKU belaka, tetapi juga sebagai sarana untuk menyusun mitigasi risiko dan rencana aksi pada triwulan berikutnya. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara telah mengimplementasi DKO baik di Level Kemenkeu-One, Kemenkeu-Two, dan Kemenkeu-Three. Hasil implementasi pelaksanaan Dialog Kinerja Organisasi di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara selain dapat memantau realisasi capaian IKU dan kendala dalam prosesnya, juga efektif dalam merumuskan solusi dan inisiatif strategis dari para peserta dalam menyongsong target mendatang. 

 

Riyanieta menyebutkan bahwa Seksi KI akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap proses tindak lanjut atas capaian kinerja triwulan II tahun 2023. “Terima kasih, Rekan-Rekan. Tetap semangat!” pungkas Istina sekaligus menutup DKO Triwulan II 2023 KPKNL Banda Aceh.

(Foto-Narasi: HI/KI)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara, Gedung C Lantai 1, Jl. Tgk Chik Ditiro , Banda Aceh, 23241
0651 – 25292
0651 - 31121
kpknlbandaaceh@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini