Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banda Aceh > Berita
Pemusnahan Kertas Sekuriti sebagai Langkah Pengamanan Lelang dan Tertib Administrasi
Muhammad Athaya Zhafran
Senin, 26 Juni 2023   |   50 kali

        Banda Aceh—KPKNL Banda Aceh didampingi Kanwil DJKN Aceh melaksanakan pemusnahan kertas sekuriti pada Senin, 26 Juni 2023. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Rapat KPKNL Banda Aceh dan dihadiri oleh Kepala KPKNL Banda Aceh, Istina Setya Lestari, Tri Feriandi, Kasubbag Umum KPKNL Banda Aceh, dan perwakilan pelaksana KPKNL Banda Aceh serta disaksikan oleh Antoni Saputra, Plt. Kabid Bimbingan Lelang Kanwil DJKN Aceh dan Azmi Mubarok, Kepala Seksi Bimbingan Lelang I Kanwil DJKN Aceh.

        Pemusnahan dilakukan atas berkas kertas sekuriti yang sudah tidak terpakai karena kesalahan pengetikan saat pembuatan kutipan risalah lelang. Sesuai dengan Pasal 25 ayat (1) dan (2) PER-9/KN/2020 bahwa penggunaan kertas sekuriti oleh Pelelang/Pejabat Lelang Kelas I/Pejabat Lelang Kelas II apabila terjadi kesalahan dalam pengetikan, percetakan, dan/atau rusak secara fisik maka Kertas Sekuriti tersebut disimpan di KPKNL/Kantor Pejabat Lelang Kelas II dan dilaporkan dalam Laporan Penatusahaan Kertas Sekuriti. Dalam ayat (2) dijelaskan bahwa Kertas sekuriti sebagaimana pada maksud ayat (1) dikategorikan sebagai Kertas Sekuriti dalam kondisi rusak dan ditindaklanjuti dengan pemusnahan.

        Kegiatan ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan risalah lelang dan juga sebagai bentuk tertib administrasi dari penatausahaan kertas sekuriti. Kertas sekuriti adalah kertas khusus untuk pembuatan kutipan risalah lelang yang mempunyai fitur-fitur tertentu sebagai pengaman untuk menghindari tindakan pemalsuan. Pemusnahan ini dilakukan menggunakan mesin penghancur kertas atau shredder. Setelah kegiatan pemusnahan selesai, dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Kertas Sekuriti oleh Plt. Kabid Lelang Kanwil DJKN Aceh dan Kepala Subbagian Umum KPKNL Banda Aceh. (Narasi/Foto: Seksi HI KPKNL BNA)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara, Gedung C Lantai 1, Jl. Tgk Chik Ditiro , Banda Aceh, 23241
0651 – 25292
0651 - 31121
kpknlbandaaceh@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini