Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Banda Aceh > Berita
Siap Untuk Selamat melalui Simulasi Tanggap Bencana
Ajeng Hanifa Zahra Caesar Aprilia
Rabu, 15 Juni 2022   |   283 kali

Banda Aceh – Siap untuk selamat adalah jargon kegiatan Simulasi Tanggap Bencana yang diikuti oleh 5 (lima) pegawai KPKNL Banda Aceh yakni Tarno, Balian, Emil Saputra, Marwan, dan Zulkarinain. Simulasi ini dilaksanakan pada Selasa (14/06) di Aula Gedung D Lt. 5, Gedung Keuangan Negara Banda Aceh untuk meningkatkan kesiagaan terhadap bencana di lingkungan Gedung Keuangan Negara (GKN) Banda Aceh. Simulasi ini diikuti oleh seluruh unit kerja yang berada di lingkungan GKN Banda Aceh yang bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh.

Simulasi ini diawali dengan pemberian materi tentang simulasi penanganan bencana yang mungkin terjadi di wilayah Aceh karena mengingat daerah Aceh yang merupakan daerah rawan becana tinggi. Melalui simulasi tersebut, disampaikan juga tindakan yang harus dilakukan pertama kali oleh seluruh pegawai di lingkungan GKN Aceh jika terjadi gempa bumi seperti perlindungan awal gempa dan penyelamatan korban saat terjadi bencana. Serta disampaikan mengenai pertolongan pertama korban tenggelam dan tindakan pertama jika terjadi kebakaran gedung.

Lebih lanjut, perwakilan BPBD Kota Banda Aceh memberikan simulasi penggunaan alat pemadan api ringan di area lapangan GKN Aceh. Tak ketinggalan, diperagakan juga bagaimana cara mengoperasikan alat pemadan api ringan secara benar dan para peserta memperagakan langsung cara tersebut untuk memadamkan api yang sedang berkobar.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari seluruh pegawai di lingkungan GKN Banda Aceh agar meningkatkan kepedulian seluruh pegawai terhadap lingkungan sekitar dan dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana alam. Melalui kegiatan ini, diharapkan semua pegawai dapat bertindak dengan cepat dan tepat sesuai dengan prosedur yang telah disampaikan oleh narasumber dari BNPB Kota Banda Aceh, sehingga dampak yang ditimbulkan dapat diminimalkan dengan baik. (hi/kpknlbna)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara, Gedung C Lantai 1, Jl. Tgk Chik Ditiro , Banda Aceh, 23241
0651 – 25292
0651 - 31121
kpknlbandaaceh@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini