Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Penyelenggaraan Kedai Lelang "Membangun Bisnis UMKM melalui Pemasaran Digital" oleh KPKNL Balikpapan
Dwi Ariadi
Jum'at, 09 Juni 2023   |   73 kali

KPKNL Balikpapan - Kamis (08/06) bertempat di aula lantai 3 Gedung Keuangan Negara (GKN) Balikpapan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan menyelenggarakan kegiatan sharing knowladge Kedai Lelang dengan tema "Membangun Bisnis UMKM melalui Pemasaran Digital". kegiatan yang dihadiri oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kota Balikpapan menghadirkan narasumber dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Balikpapan dan salah satu pelaku UMKM di kota Balikpapan.

            Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku UMKM ditengah semangat pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, KPKNL Balikpapan kembali menyelenggarakan kegiatan Kedai Lelang dengan tema Membangun Bisnis UMKM melalui Pemasaran Digital, dengan tujuan memberikan pemahaman tambahan terkait pemanfaatan jaringan digital dalam mengambangkan bisnis UMKM khususnya pada lini pemasaran. Acara dibawakan oleh Penilai Pemerintah Ahli Pertama M. Syaifuddin sebagai pembawa acara. Acara dibuka oleh Yoshua Wisnugnkara, Kepala KPKNL Balikpapan. Dalam sambutannnya disampaikan bahwa UMKM merupakan roda penggerak perekonomian nasional dimana UMKM menyumbang 99 persen dari keseluruhan unit usaha, namun kondisi UMKM sangat terpukul pada dua tahun pertama pandemi COVID-19 tepatnya tahun 2020 sampai dengan 2021, sehingga dalam program PEN yang dicanangkan pemerintah, UMKM menjadi salah satu concern utama.

            Sesi utama Kedai Lelang dimulai dengan pemaparan dari KPPN Balikpapan yang diwakili oleh Kepala Seksi MSKI, Erwin Cahyono dan Kepala Seksi Bank, Restu Septe Kuncoro Ginting. Keduanya memaparkan terkait dukungan pemerintah khususnya bantuan yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB). Kebijakan pemberdayaan UMKM yang digaungkan pemerintah terdiri dari pembangunan infrastruktur, program pembiayaan, digitalisasi UMKM serta sinergi dan koordinasi. Program pembiayaan yang disediakan diantaranya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pembiayaan Ultra Mikro atau yang lebih dikenal sebagai Umi, keduanya bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, sehingga dapat meningkatkan kapasitas daya saing UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Selain itu dipaparkan terkait digitalisasi UMKM yang memberikan beberapa keuntungan kepada para pelaku UMKM seperti efisiensi marketing, perluasan pasar, peningkatan produktifitas dan layanan, salah satu bentuk dukungan digitalisasi adalah penggunaan Digipaya Marketplace.

            Pemaparan kedua diisi oleh Erny Rufiaty yang merupakan pemilik dari UMKM Mantau Fya. Selain menjelaskan tentang kiat-kiat membangun bisnis khususnya UMKM yang bergerak di bidang kuliner, wanita yang dulunya merupakan pegawai bank tersebut menjelaskan tentang pentingnya terus belajar dan beradaptasi, salah satunya dengan pemnfaatan digital marketing. Kembali mengingat pada saat pandemi dimana pergerakan manusia sangat terbatas sehingga berkurangnya interaksi antar para pelaku usaha dengan konsumennya yang berimbas pada penurunan permintaan atau penjualan. Namun dengan pemasaran secara digital, kita tetap dapat berinteraksi dengan konsumen bahkan tanpa harus bertatap muka langsung, namun cukup dengan menampilkan foto produk usaha pada market place atau media sosial.

            Pemaparan berikutnya disampaikan oleh Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Balikpapan yang diwakili oleh Bagus Budi Prayogi dengan mengambil tema Pikat Konsumen dengan Foto Produk yang Menarik, dijelaskan pada sesi tersebut tentang pentingnya foto produk yang menarik sehingga dapat meningkatkan nilai jual produk usaha yang berimbas pada peningkatan kepercayaan calon pembeli untuk menggunakan atau membeli produk tersebut. Berikutnya dijelaskan tentang teknik mengambil foto yang baik guna membangun visual yang baik tentang produk tersebut. (HI/BPN)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini