Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Kolaborasi KPKNL Balikpapan Bersama Sekretariat Daerah Kabupaten Paser dalam Pengurusan Piutang Negara.
Dwi Ariadi
Rabu, 17 Mei 2023   |   79 kali

Balikpapan - Rabu s.d Jumat (10 s.d 12/05), Seksi Piutang Negara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Balikpapan (KPKNL) melakukan perjalanan dinas mengunjungi Kabupaten Paser dalam rangka penyampaian surat paksa sekaligus penelitian lapangan Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN) penyerahan Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Paser. Pada kegitan tersebut disampaikan pula kepada para debitur terkait Crash Program Keringanan Utang.

Pegawai KPKNL Balikpapan yang terdiri dari Kepala Seksi Piutang Negara, Juru Sita dan seorang Pelaksana Seksi Piutang Negara didampingi oleh pegawai Sekda Paser mengunjungi Kantor Desar Muara Adang yang terletak di Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser. Disambut langsung oleh Kurniansyah, Kepala Desa Muara Adang beserta kelompok penerima dana Kredit Penguatan Modal Usaha (KPMU) yang telah diundang guna mendiskusikan penyelesaian hutang Kerdit KPMU. Paulus, Kepala Bidang Perekonomian Sekda Paser memaparkan pada para kelompok usaha terkait asal mula munculnya penyaluran dana KPMU beserta hak dan kewajiban yang muncul dari penyaluran dana tersebut. Berikutnya Keni Kurniasih, Kepala Seksi Piutang Negara KPKNL Balikpapan menyampaikan terkait pengurusan piutang negara yang dilakukan KPKNL, juga mekanisme pembayaran ke rekening Bendahara KPKNL Balikpapan melalui Virtual Account (VA) yang dilanjutkan dengan penyampaian Salinan Surat Paksa oleh Ledi Mika, Juru Sita Piutang Negara KPKNL Balikpapan kepada perwakilan kelompok usaha.

Selain kegiatan penyampaian surat paksa sekaligus penelitian lapangan BKPN penyerahan Sekda Paser, KPKNL Balikpapan juga melakukan sosialisasi Crash Program Keringanan Utang, dimana pada tahun 2023 Pemerintah memberikan keringanan utang tidak hanya kepada dibitur pemerintah pusat, namun juga debitur pemerintah daerah, terutama kepada debitur kecil seperti pelaku UMKM. (HI/BPN)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini