Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Kemenkeu Satu, Kolaborasi KPKNL Balikpapan dalam Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi BDK Balikpapan.
Dwi Ariadi
Kamis, 02 Maret 2023   |   99 kali

KPKNL Balikpapan – Kamis (02/03) Balai Diklat Keuangan (BDK) Balikpapan menyelenggarakan knowledge sharing yang diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN BDK Balikpapan. Bertempat di aula BDK Balikpapan, kegiatan yang bertemakan service excellent dengan mengundang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Balikpapan sebagai narasumber tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pembangunan Zona Integritas (ZI) atau yang sering kita dengar sebagai island of integrity pada BDK Balikpapan.

Komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih (WBBM) dan Melayani melalui reformasi birokrasi yang tertuang dalam Zona Integritas sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 dan pada Kementerian Keuangan sesuai dengan KMK Nomor 370 Tahun 2021 telah menjadi tujuan berbagai kementerian atau lembaga tidak terkecuali BDK Balikpapan. Dalam proses pembangunan ZI WBK, BDK Balikpapan mengundang KPKNL Balikpapan sebagai narasumber dalam kegiatan  knowledge sharing yang bertujuan menciptakan budaya dan standard service excellent serta meningkatkan pemahaman pegawai dan PPNPN tentang pelayanan prima kepada stakeholder guna mendukung pembangunan ZI yang tengah dibangun.

Acara knowledge sharing dibuka oleh Kepala BDK Balikpapan. Dalam sambutannya Ahmad Fatkhur menyampaikan bahwan pembangunan ZI menuju WBK merupakan momen yang tepat bagi BDK Balikpapan untuk meningkatkan pelayanan, tidak hanya dari segi layanan yang sudah tersedia namun diharapkan muncul ide-ide baru dan gagasan yang nantinya dapat menjadi inovasi guna mendukung pemberian layanan. Sebagai narasumber, KPKNL Balikpapan yang diwakili oleh Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Toni Agus Wijaya, memaparkan bahwa pembangunan ZI merupakan tanggung jawab bersama unit tersebut sehingga dibutuhkan komitmen dari seluruh pegawai. Berkaca dari KPKNL Balikpapan yang telah berhasil membangun ZI WBK dan WBBM pada tahun 2020 dan 2022, seluruh unsur dalam unit tidak terkecuali keterlibatan pimpinan unit sebagai role model diharapkan dapat berperan aktif dalam pemenuhuan enam komponen pengungkit yang dipersyaratkan. Selain hal tersebut disampaikan bahwa ketersediaan sarana prasarana yang memadai utamanya sarana prasaran khusus bagi kelompok rentan dapat menunjang pemberian layanan yang prima, hal tersebut tercermin dari keberhasilan KPKNL Balikpapan dalam kompetisi Kantor Pelayanan Terbaik pada tahun 2021 dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Terbaik dalam Penyediaan Sarana Prasarana Ramah Kelompok Rentan tahun 2022. Pada akhir paparannya, Toni menegaskan bahwa penetapan suatu organisasi menjadi ZI-WBK atau WBBM bukan semata hanya untuk memenuhi komponen pengungkit dan mencapai suatu penghargaan, namun merupakan suatu proses transformasi dalam organisasi yang transparan, bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) serta berorientasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan public kepada seluruh stakeholders tanpa pengecualian. (HI/BPN)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini