Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Balikpapan > Berita
Go-Green, KPKNL Balikpapan Terapkan Digital-Voting dalam Pemilihan Pegawai Teladan
Nadia Safira
Kamis, 31 Januari 2019   |   241 kali

Balikpapan- KPKNL Balikpapan mulai menerapkan gerakan kantor yang lebih ramah lingkungan dimulai pada kegiatan Pemilihan Pegawai Teladan yang dihelat pada Rabu (30/01) di Aula KPKNL Balikpapan. Dalam acara tersebut, penggunaan kertas yang dahulu dipakai sebagai media voting diganti melalui aplikasi kahoot.

            Tak lagi ada kertas, justru semua orang diminta mengeluarkan ponsel pintar masing-masing. Ternyata, dalam Pemilihan Pegawai Teladan ini, Subbagian Umum KPKNL Balikpapan telah mengkonsep acara voting paperless. Setelah Kepala Subbagian Umum KPKNL Balikpapan, Agus Susanto, membacakan keempat kandidat pegawai teladan, salah satu pelaksana di Subbagian Umum, Ditya Dwi Nugroho, langsung sigap mengarahkan seluruh peserta acara ke laman kahoot.it. Disana sudah tertera nama para kandidat yakni Mochammad Syachran, Ledi Mika Dila Marvisya, Andri Wijaya dan Sitti Hadijah. Cukup dengan satu kali klik di ponsel pintar, dalam waktu kurang dari dua menit sudah terpilihlah pegawai teladan KPKNL Balikpapan periode Juni-Desember 2018.

Berdasarkan hasil voting, terpilihlah Mochammad Syachran sebagai pegawai teladan KPKNL Balikpapan. Usia memang bukan kendala untuk terus berkontribusi bagi organisasi, lelaki yang akan memasuki masa pensiun dalam beberapa bulan ini justru menunjukkan bahwa etos kerjanya selama berpuluh tahun mengabdi tak pernah surut.

            Tak hanya untuk pemilihan pegawai teladan, Subbagian Umum KPKNL Balikpapan juga mengambil langkah paperless dalam melakukan evaluasi kinerja pegawai honorer. Kali ini, semua peserta diminta mengisi form melalui google doc, sehingga aspek kerahasiaan lebih terjaga.

            Kepala KPKNL Balikpapan, Chairiah, pun turut memberikan tanggapan positif terkait acara tersebut. “Sudah lebih bagus. Tidak ada lagi kita menggunakan kertas dan tulis-menulis seperti voting terdahulu,” ujarnya. Wanita kelahiran Ujung Pandang ini juga mengapresiasi ragam kandidat pegawai teladan yang telah mengaplikasikan konsep Pengarusutamaan Gender (PUG) yang sedang didengungkan oleh Kementerian Keuangan. “Kita lihat disitu komposisinya sudah menunjukkan kesetaraan gender. Semua jenis kelamin, tua maupun muda juga dapat menjadi kandidat pegawai teladan,” pungkasnya.

              Selain penggunaan digital-voting, KPKNL Balikpapan juga sudah mulai menambahkan banyak tanaman hijau di sudut-sudut kantor. Selain menambah nilai estetika, tanaman tersebut juga dapat memperbaiki sirkulasi udara di dalam ruangan. Aspek kesehatan pun mulai diperhatikan, dimana snack rapat yang disuguhkan pun berubah lebih sehat menjadi kacang, pisang dan ubi rebus.

            Diharapkan dengan adanya perubahan di KPKNL Balikpapan yang lebih responsif gender, sehat dan peduli lingkungan dapat memberikan dorongan semangat agar seluruh jajarannya dapat bekerja lebih giat dalam berkontribusi bagi organisasi, bangsa dan negara.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Ahmad Yani No. 68 Gedung Keuangan Negara Lt. 2 Balikpapan - 76113
(0542) 736408
(0542) 418593
kpknlbalikpapan@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini