Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara > Berita
FGD Capaian Kinerja Lelang, Kepala Kanwil: "Target Sudah Tercapai Tapi Jangan Terlena"
Ayutia Nurita Sari
Kamis, 26 Agustus 2021   |   108 kali

Manado – Kamis (26/08), Bidang Lelang Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut) mengundang Kepala Kantor dan Seksi Pelayanan Lelang pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di lingkungan Kanwil DJKN Suluttenggomalut untuk melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Capaian Kinerja Lelang Triwulan II Tahun 2021 dan Diskusi Pembatalan Lelang Atas Permintaan Penjual.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJKN Suluttenggomalut Arif Bintarto Yuwono menyampaikan apresiasinya atas kerja keras dan hasil capaian pada Semester I Tahun 2021 yang cukup baik.

“Saat ini kita dihadapkan pada kondisi yang menantang, sehingga perlu adanya strategi-strategi baru agar semua yang sudah direncanakan dapat terealisasi dengan baik. Walaupun sebagian sudah mencapai target, namun itu tidak membuat kita terlena. Adanya addendum membuat kita harus terus berupaya untuk mencapai target kinerja tahun ini,” jelas Arif.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Bidang Lelang Priyanto Nugroho mengatakan FGD ini merupakan kegiatan rutin setiap triwulan. Awal semester II ini merupakan waktu yang tepat untuk berdiskusi dan mengevaluasi kinerja lelang sebelumnya serta brainstorming mengenai strategi yang diperlukan dalam menghadapi tantangan ke depan.

“Pada lingkup Kanwil DJKN Suluttenggomalut dari target pokok lelang sebesar Rp589 miliar, sudah tercapai 96,37 persen atau Rp567,61 miliar. Sementara Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) telah memperoleh Rp11,34 miliar atau 71,08 persen dari target sebesar Rp15,95 miliar,” tutur Priyanto.

Priyanto juga menjelaskan mengenai strategi optimalisasi kinerja lelang pada triwulan III tahun 2021, diantaranya penggalian potensi lelang, peningkatan upaya marketing objek lelang, dan evaluasi efektivitas edukasi atau sosialisasi lelang agar tepat guna dan sasaran.

“Sebagian besar capaian pada Semester I adalah dari PT Pegadaian. Walaupun hasil dari PT Pegadaian uncontrollable, namun itu juga merupakan bagian dari ekstensifikasi kita untuk mendukung PNBP. Harapannya kita juga bisa menciptakan ekstensifikasi untuk Pejabat Lelang Kelas II dan Balai Lelang,” lanjutnya.

Dalam sesi diskusi masing-masing Kepala KPKNL dan perwakilan dari Seksi Lelang menyampaikan progres kinerja, kendala yang dihadapi, dan strategi ke depan dalam mencapai target tahun 2021.

Kepala KPKNL Manado Rofiq Manshur menyampaikan bahwa realisasi KPKNL Manado sampai dengan 20 Agustus 2021 untuk capaian pokok lelang sudah mencapai 108 persen dan perolehan PNBP mencapai 92 persen.

“Capaian Pejabat Lelang Kelas I masih di bawah 50 persen. Kami akan melakukan upaya-upaya optimalisasi strategi untuk mendorong capaiannya, salah satunya dengan mengejar potensi lelang BMN/D dan terus mengadakan komunikasi dan intimasi dengan perbankan guna meningkatkan kinerja lelang,” ujar Rofiq.

“Dalam merealisasikan target lelang, kami telah melalukan berbagi upaya seperti bersinergi dengan BPK untuk melakukan penggalian potensi penjualan BMD, pendekatan dengan kejaksaan dan kepolisian, serta upaya ekstesifikasi untuk Lelang Hak Tanggungan bersama PT Pegadaian dan Perbankan,” jelas Kepala KPKNL Gorontalo Diana Setiastanti.

Topik pembahasan selanjutnya adalah terkait pembatalan lelang atas permintaan penjual. Pada diskusi tersebut dibahas mengenai tindaklanjut pengenaan bea lelang batal atas pembatalan lelang di KPKNL Palu karena pengumuman lelang tidak terbit. (ayu/wdp)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Manado Lantai 5. Jalan Bethesda Nomor 6-8, Kelurahan Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Kode Pos 95114
(0431) 851522
(0431) 853128
kanwildjkn.manado@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini