Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat > Berita
Pembinaan Pengelolaan Anggaran Kanwil DJKN Sulseltrabar
Charles Jimmy
Kamis, 21 Desember 2023   |   38 kali

Makassar - Dalam rangka mewujudkan pengelolaan anggaran yang baik dan akuntabel, Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat menyelenggarakan kegiatan pembinaan pengelolaan anggaran dan diskusi terkait capaian kinerja pada Selasa (19/12). Acara ini dihadiri oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) beserta Penanggung Jawab Indikator Kinerja (PIC) pengelolaan anggaran pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Kegiatan dibuka oleh Ircham, Kepala Bagian Umum, Kanwil DJKN Sulseltrabar. Dalam sambutannya, Ircham menekankan urgensi kegiatan ini sebagai evaluasi pelaksanaan anggaran di tahun 2023 dan merupakan langkah awal dalam menghadapi tahun 2024 serta menyoroti pentingnya penyusunan laporan keuangan yang andal.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan, Hasan Fauzi, Kasi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I C yang memaparkan materi pertama mengenai evaluasi ketercapaian target pengelolaan anggaran 2023. Langkah-langkah persiapan menghadapi tahun anggaran 2024 turut dibahas, termasuk perencanaan pengelolaan anggaran, perencanaan belanja modal, target penyerapan, dan efisiensi anggaran untuk mencapai Indeks Kinerja Kualitas Pelaksanaan Anggaran (IKKPA).

Materi kedua oleh Ranu Fatah Wijoyo, Kasi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat yang memfokuskan pada langkah-langkah penyusunan dan penelaahan Laporan Keuangan tahun anggaran 2023. Ranu menegaskan bahwa Laporan Keuangan yang baik harus disampaikan secara rinci, tepat waktu, dan sesuai dengan format yang ditentukan. Setiap satuan kerja juga diminta untuk menyelesaikan "to do list" sebelum menyusun Laporan Keuangan guna memastikan keandalan laporan tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat sinergi yang kuat antara Kanwil DJKN Sulseltrabar dan KPKNL di wilayahnya dalam pengelolaan anggaran. Di akhir kegiatan, semua pihak berkomitmen akan memberikan kontribusi positif dalam upaya peningkatan kinerja dan transparansi dalam pengelolaan keuangan instansi tersebut.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
pelayanan.kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini