Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat > Berita
FGD Kinerja Balai Lelang, Upaya Peningkatan Kinerja Lelang di Sulawesi Selatan
Robi`ul Atri Duha
Selasa, 14 Juli 2020   |   155 kali

Sebagai salah satu upaya pencapaian target lelang sekaligus pembinaan terhadap Balai Lelang dibawah binaan Kanwil DJKN Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Kanwil DJKN Sulseltrabar), Kepala Bidang Lelang, I Wayan Subadra menginisiasi Focus Group Discussion (FGD) Kinerja Balai Lelang di Masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan pada Jumat (10/7) di ruang Ruang Rapat Kanwil DJKN Sulseltrabar. Acara tersebut dihadiri seluruh Balai Lelang di lingkungan Kanwil DJKN Sulseltrabar dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Sulseltrabar, Ekka S. Sukadana.

Membuka acara tersebut, Ekka menyampaikan terima kasih atas dukungan kinerja Balai Lelang yang telah memberikan layanan lelang dan bekerja sama dengan Kanwil DJKN Sulseltrabar. Ia juga berharap FGD dapat menghasilkan suatu pemahaman yang sama tentang lelang di masa pandemi. “DJKN telah membuat Standard Operating Procedure (SOP) lelang di masa pandemi dan target kami di masa pandemi juga tidak turun, sehingga kami harapkan Balai Lelang dapat tetap memberi support dengan cara win-win solution, yaitu dengan cara bekerja sama dalam menggali potensi untuk pencapaian target ”, ucap Ekka.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan bahwa kapasitas Balai Lelang selama ini menjadi support pelaksanaan lelang terutama Lelang Non Eksekusi, sehingga diharapkan Balai Lelang lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar dapat lebih berwarna dan bukan lagi menjadi followers melainkan menjadi promotor lelang.

Ekka berharap 3 (tiga) hal dari Balai Lelang di lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar. Pertama, Balai Lelang melakukan pemerataan Pejabat Lelang Kelas II dengan tetap mejaga kualitas kinerja, karena selama ini Pejabat Lelang Kelas II lingkup Kanwil DJKN Sulseltrabar belum merata kualitas kinerjanya. Kedua, untuk menambah daya tarik lelang masyarakat, Balai Lelang dapat berinovasi terkait packaging dan pengiriman barang lelang yang telah laku terjual, dengan benchmark market place daring seperti Lazada, mengingat saat ini pelayanan lelang sudah menjadi e-conventional. Ketiga, untuk diversifikasi bisnis, Balai Lelang diharapkan agar menciptakan variasi Lelang Hak Menikmati Barang dalam bentuk sewa, mengingat Balai Lelang memiliki fleksibilitas dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat. Bentuk Lelang Hak Menikmati Barang tersebut dapat berupa sewa pengelolaan mall (menyewakan beberapa space di dalam mall), apartemen dan perumahan yang belum laku, serta pemanfaatan lahan parkir.

Salah satu perwakilan Balai Lelang PT JBA Indonesia, Imam Efendi menyampaikan bahwa pihaknya masih fokus pada lelang kendaraan roda 2 (dua), roda 4 (empat), dan alat berat. “Potensi lelang di kami cukup banyak pada lelang roda 4 (empat), namun selama pandemi lelang mengalami penurunan drastis. Kami juga telah berupaya untuk menaikkan pencapaian lelang di Bulan Juni, selain itu kami juga telah memberikan pelayanan terbaik bagi buyer yang akan mengikuti lelang”, jelas Imam.

Selanjutnya, sesi pemaparan yang disampaikan Kepala Seksi Bina Lelang I, Muhammad Nur Huseng menjelaskan bentuk pembinaan dan pengawasan Balai Lelang yang dilakukan oleh Kanwil DJKN Sulseltrabar dan Kantor Pusat Direktorat Lelang diantaranya melakukan pemantauan, verifikasi perizinan, sosialisasi, bimbingan teknis administrasi dan pelaporan, pemberian himbauan atau tanggapan secara tertulis, serta rekomendasi perbaikan dan pengenaan sanksi.

Menutup kegiatan FGD, Wayan menyampaikan program kerja Bidang Lelang terhadap Balai Lelang kedepan, yaitu dengan cara penyebarluasan informasi dan pemasaran Balai Lelang secara digital sebagai bentuk promosi dan pengenalan kepada masyarakat. (Teks/Foto: Robi’ul Bidang KIHI Kanwil DJKN Sulseltrabar)

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Jend. Urip Sumohardjo Km. 4 Gedung Keuangan Negara II Lt. 4 Makassar - 90232
(0411) 425245
(0411) 425246
pelayanan.kanwildjkn15@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini