Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Semakin Memasyarakatkan Lelang dalam Pekan Lelang 2018
Noviana Cepaka Sari
Rabu, 28 Februari 2018   |   501 kali

Pekanbaru - Dalam rangka menyambut Pekan Lelang 2018, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau melakukan rangkaian kegiatan untuk mengenalkan lelang ke stakeholder. Kegiatan pertama di area Car Free Day (CFD) merupakan kerja sama antara Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau, KPKNL Pekanbaru, Bank Riau, dan Bank Mandiri Syariah Cabang Pekanbaru. Sasarannya adalah para warga Pekanbaru yang sedang menikmati suasana pagi tanpa kendaraan di CFD Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru pada Minggu (25/2).

Meskipun sudah berusia seratus sepuluh tahun, lelang di Indonesia masih kurang dikenal oleh masyarakat secara luas. Oleh karena itu, Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau membuat media peraga yang dapat dibaca para pejalan kaki yang berkunjung ke area CFD. Selain itu, masyarakat yang memiliki pertanyaan seputar lelang dapat menanyakannya secara langsung kepada para petugas. Pihak bank yang ikut berpartisipasi juga berkesempatan untuk mempromosikan beberapa barang jaminan yang akan dijual melalui lelang kepada calon pembeli yang lebih luas.

Kegiatan kedua adalah Visit Media yang dilakukan langsung oleh Kepala Kanwil T. Agus Priyo Waluyo ke Harian Riau pos di Gedung Graha Pena  Riau, pada Selasa, 27 Februari 2018. Dalam kesempatan tersebut rombongan DJKN diterima oleh General Manajer Bisnis Riau Pos Ahmad Dardiri beserta jajaran. Dalam sambutannya, Ahmad Dardiri menyampaikan, berdasarkan hasil dari lembaga survey, peran media cetak adalah sarana yang tepat untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat. Dibandingkan dengan media publikasi lain, seperti media online maupun televisi, media cetak masih menempati posisi tertinggi sebagai sumber berita yang terpercaya.

Selanjutnya Agus menjelaskan mengenai tugas dan fungsi Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau secara singkat. Khusus mengenai lelang, Kepala Kanwil yang telah bertugas sejak tahun 1991 tersebut menjelaskan secara lebih rinci, tentang sejarah singkat, perkembangan, hingga target yang ingin dicapai oleh Kementerian Keuangan melalui DJKN. Selain itu, berdasarkan penilaian dalam rangka Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani yang telah diikuti oleh KPKNL Bukittinggi dan KPKNL Padang, menunjukkkan bahwa nilai persepsi masyarakat yang masih kurang. Untuk mencapai target lelang serta meningkatkan nilai persepsi masyarakat tersebut, DJKN menyadari bahwa diperlukan kerjasama dengan media untuk menjangkau stakeholder.

Ahmad Dardiri menjelaskan segmentasi pembaca koran cetakan dari Riau Pos Grup sebagai jawaban dari pertanyaan Rina Yulia mengenai cara meningkatkan image lelang.  Ahmad Dardiri  menjelaskan bahwa pemilihan media yang memiliki pembaca yang tepat akan mempengaruhi citra sebuah instansi dan efektivitas sebuah publikasi. Selain itu, berdasarkan pertanyaan dari Nezareta, peletakan iklan lelang sesuai lokasi barang yang dilelang, waktu pemasangan iklan sesuai momen, dan desain iklan juga akan mempengaruhi efektivitas penjualan melalui lelang.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan e-auction oleh Muhammad Nurrochman, Kepala Seksi Lelang Kanwil, kepada jajaran manajerial Riau Pos. Di akhir pertemuan, kedua belah pihak berharap dapat melanjutkan kerjasama dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat pada instansi DJKN. (foto/teks: Zulfan,Noviana/Noviana)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini