Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dekatkan Diri dengan Stakeholder, KPKNL Bukittinggi Selenggarakan Tiga Acara
Hendra Gunawan
Jum'at, 21 April 2017   |   187 kali

Bukittinggi -  Applause untuk Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi yang sukses menyelenggarakan kegiatan selama tiga hari berturut-turut. Dimulai dengan acara lelang expo di pelataran Jam Gadang pada Minggu 16 April 2017, Talkshow DJKN di Hotel Grand Rocky Bukittinggi pada Senin 17 April 2017, dan diakhiri dengan acara DJKN Goes To Campus di Kampus IAIN Bukittinggi pada Selasa 18 April 2017.

Menyambut kegiatan lelang expo 2017, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) Tugas Agus Priyo Waluyo menyampaikan bahwa lelang expo pertama kali yang berhasil diselenggarakan oleh KPKNL Bukittinggi ini merupakan kebanggaan Kanwil DJKN RSK beserta seluruh KPKNL jajarannya, dan menambah rentetan prestasi yang telah dicapai KPKNL Bukittinggi sebelumnya.

“KPKNL Bukittinggi di tahun 2016 telah meraih juara satu lomba kantor pelayanan percontohan tingkat kementerian, dan tahun 2017 ini akan mengikuti seleksi kantor WBK WBBM (Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi  Bersih Melayani-red),” kata Agus. Ditambahkan Agus, apabila ada pelayanan KPKNL Bukittinggi yang kurang memuaskan, segera informasikan kepada Kanwil DJKN RSK.

Lelang Expo 2017 dibuka langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias. Ia sangat menyambut baik kegiatan semacam ini. “Saya turut bangga Lelang Expo pertama diselenggarakan di Bukittinggi,” katanya. Menyusul suksesnya kegiatan Lelang Expo, Ramlan berharap di tempat yang sama kelak bisa dilaksanakan lelang yang sebenarnya sehingga masyarakat bisa praktek langsung sebagai peserta lelang.

Pada hari kedua,  dilaksanakan talkshow DJKN dengan tema “Optimalisasi Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Untuk Menurunkan Non-Performing Loan (NPL)” dan Lelang Award. Talkshow dipimpin oleh Kasubdit Bina Lelang 3 Direktorat Lelang Nunung Eko Warsito sebagai moderator  dengan dihadiri oleh Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi sebagai Narasumber bersama dengan perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bob Hastian, Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi Yuzaidah, Wakil Pimpinan Wilayah Kantor Wilayah BRI Padang Heri Santoso. Peserta talkshow berasal dari entitas perbankan di wilayah Sumatera Barat.

Pada pembukaan acara talkshow, Lukman menyampaikan bahwa sektor perbankan masih mendominasi frekuensi lelang hak tanggungan secara nasional, namun berbanding terbalik dengan pokok lelang yang dihasilkannya. Ini berarti  lelang hak tanggungan oleh perbankan masih perlu ditingkatkan.  

Lukman juga  menyampaikan bahwa sampai saat ini Direktorat Lelang DJKN telah melakukan upaya perbaikan dan pembenahan bisnis proses dalam pelaksanaan lelang, seperti adanya setoran online (bagi beberapa bank yang telah melakukan kerjasama), pelaksanaan e-auction, permohonan online, diskusi intens bersama pimpinan bank dengan melibatkan OJK, dan sebagainya.  

Lukman menekankan bahwa perbaikan proses lelang membutuhkan peran serta semua pihak. “Program kita sekarang bagaimana kita membenahi proses lelang itu sendiri kemudian bersama-sama (mengupayakan) bagaimana dalam pengajuan lelang semakin bagus, jadi semua pihak harus turut serta bukan hanya DJKN saja yang berperan”, ungkapnya.

Dari hasil diskusi dengan pimpinan bank, diperoleh beberapa hambatan yang terjadi dalam  pelaksanaan lelang, yaitu masalah nilai limit yang ditetapkan terlalu tinggi oleh perbankan, penumpukan permohonan lelang di akhir tahun,  kurangnya mitigasi resiko atas status objek, dan  hambatan terkait kinerja lelang.

“Kalau kinerja lelang bagus, orang akan berduyun-duyun membeli lelang, (objek) free and clear, mendapatkan informasi tepat, harga juga layak, kinerja lelang menjadi bagus. Kalau kinerja lelang bagus,  pengajuan perbankan menjadi semakin baik, orang menjadi tertarik membeli lelang, daya lakunya menjadi tinggi, sehingga NPL akan turun”, tambah Lukman.

Pada acara Lelang Awards kali ini PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk Retail Credit Collection Region Sumatera II berhasil menyapu bersih gelar juara pada ketiga kategori yang dilombakan, yaitu Pemohon Lelang dengan Frekuensi Lelang Terbanyak sebanyak 110 frekuensi, Pemohon Lelang dengan Pokok Lelang terbesar sebanyak Rp1.978.000.000,- , dan Pemohon Lelang dengan Frekuensi E-Auction terbanyak sebanyak 24 frekuensi.

Kegiatan DJKN Goes to Campuss pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang diselenggarakan pada hari ketiga rangkaian acara pun tidak kalah menariknya. Kegiatan yang awalnya direncanakan untuk 400 peserta, dihadiri oleh lebih dari 800 mahasiswa. Kegiatan ini dimoderatori oleh Eris Eka Sundari, Kasubdit Humas Direktorat Hukum dan Humas, dan menghadirkan Direktur Hukum dan Humas, Hady Purnomo, sebagai narasumber. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan dan banyak melontarkan pertanyaan. Banyak diantara mahasiswa yang baru mengetahui DJKN dan baru memahami arti barang milik negara.

Panitia mempersiapkan photo booth dan memperlombakan foto-foto yang diambil oleh mahasiswa dengan mengupload pada Instagram dan tag akun @ditjenKN. Pemenang lomba diumumkan di penghujung acara dan diberikan hadiah menarik berupa hand bag dan t-shirt DJKN. Dalam kegiatan Goes to Campus ini juga diadakan lelang terhadap 2 buah tas seharga jutaan rupiah dengan limit Rp 50.000,-. Lelang berlangsung panas dan seru karena terjadi perebutan terhadap barang lelang. (Eva Resia/Hendra Gunawan – KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini